Abstract:
Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan :(1) Observasi; (2) Wawancara; (3) Dokumentasi; Informan kunci diambil cara judgment sumpling sedangkan informan tambahan dengan cara snowball sampling.
Hasil penelitian ini adalah ;(1) Penyusunan Perencanaan Rencana Kerja Kepala madrasah melibatkan unsur Guru, Pihak Perguruan, Komite dan wali murid. (2) Implementasi rencana kerja semua pelaksanaaan kegiatan dilakukan secara terbuka dan selalu berkordinasi dengan Pimpinan dan pihak perguruan sekolah bahkan dilibatkan baik dalam kegiatan akademik maupun non akademik. Dengan jumlah guru yang hanya 21 dan yang berstatus PNS hanya 4 orang ,dan sisa orang hanya berstatus kontrak dan tetap yayasan ternyata hal tersebut tidak menjadi hambatan untuk meningkatkan prestasi siswa, (3) Evaluasi dan Monitoring : (a) Setiap kegiatan selalu dievaluasi, (b) Evaluasi bertujuan untuk mengetahui hasil kegiatan dan sebagi bahan pertimbangan kegiatan diwaktu yang akan datang, (c) Evaluasi dilaksanakan secara terbuka dalam forum dewan guru, (d) Pengawasan dilaksanakan secara terbuka dan berkesinambungan yang diketahui semua pihak. (4) Faktor pendukung: dukungan guru walaupun guru di MI Rahmah El-Yunusiyyah masih banyak yang berstatus non PNS namun mereka tetap memperlihatkan loyalitas dan team work yang kompak dan transparan. Faktor penghambat: (1) kondisi jarak tempuh anak dari rumah ke sekolah yang cukup jauh (2) Pertukaran guru agak menghambat lancarnya pelaksanaan pembelajaran