Perlihatkan publikasi sederhana
dc.contributor.author | LOLI CANIA | |
dc.date.accessioned | 2020-02-21T01:33:40Z | |
dc.date.available | 2020-02-21T01:33:40Z | |
dc.date.copyright | ||
dc.date.issued | 2019-12-21 | |
dc.identifier.isbn | 14106035 | |
dc.identifier.isbn | 14106035 | |
dc.identifier.issn | ||
dc.identifier.other | 02.21900917 | |
dc.identifier.uri | ||
dc.identifier.uri | http://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/12773 | |
dc.description.abstract | Loli Cania, NIM 14 106 035, Judul Skripsi “Penerapan Model Hands On Minds On Activity dengan Bantuan Media Asli pada Pembelajaran Biologi di Kelas X SMA N 1 Pariangan”. Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2018. Pokok permasalahan dalam skripsi ini yaitu hasil belajar biologi peserta didik yang kurang maksimal karena bergesernya pola pembelajaran konvensional yang semula berpusat pada guru menjadi pembelajaran yang terpusat pada peserta didik, kurangnya kombinasi model pembelajaran dan pembelajaran hanya berpusat pada guru dan. Tujuan penulisan ini untuk menginvestigasi apakah hasil belajar peserta didik diihat dari tiga ranah yaitu kognitif, afektif dan psikomotor dengan penerapkan model pembelajaran Hands On Minds On Activity dengan Bantuan Media Asli lebih baik dari hasil belajar peserta didik dengan penerapan model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran Biologi kelas X di SMAN 1 Pariangan. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah jenis true expeerimental dengan rancangan penelitian the posttest-only control group design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes objektif bentuk pilihan ganda pada ranah kognitif, lembar pengamatan observasi pada ranah afektif dan lembar observasi diskusi kelompok pada ranah psikomotor. Pengolahan data dilakukan secara kuantitatif, kemudian dianalisis untuk merumuskan hipotesis penelitian yang diajukan. Hipotesis diuji dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan dengan uji-t didapatkan bahwa nilai t hitung yaitu 3,056 > dari 1,645 pada t tabel yaitu, sehingga hipotesis penelitian diterima. Hasil penelitian menunjukan rata-rata hasil belajar peserta didik pada penilaian kognitif menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 82,81 dan rata-rata kelas kontrol adalah 76,97. Hasil penilaian afektif peserta didik menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 89,69 dan rata-rata kelas kontrol adalah 73,28. Hasil penilaian psikomotor peserta didik menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 83,79 dan rata-rata kelas kontrol adalah 75,76. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar biologi peserta didik dengan penerapan model pembelajaran Hands On Minds On Activity dengan Bantuan Media Asli lebih baik daripada hasil belajar dengan model pembelajaran konvensional pada materi Fungi (Jamur) di kelas X MIPA SMA N 1 Pariangan. | |
dc.format | Computer File | |
dc.language | Indonesia | |
dc.publisher | IAIN Batusangkar | |
dc.subject | Biologi-Pendidikan | |
dc.subject.ddc | 574.07 | |
dc.subject.ddc | 574.07 | |
dc.title | PENERAPAN MODEL HANDS ON MINDS ON ACTIVITY DENGAN BANTUAN MEDIA ASLI PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI KELAS X SMA N 1 PARIANGAN | |
dc.type | Skripsi |