Publikasi IAIN Batusangkar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANRECIPROCAL TEACHINGDENGAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 1 BANUHAMPU PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author NOVA SONIA
dc.date.accessioned 2020-02-21T01:38:35Z
dc.date.available 2020-02-21T01:38:35Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2018-11-26
dc.identifier.isbn 14106048
dc.identifier.isbn 14106048
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.21800168
dc.identifier.uri
dc.identifier.uri http://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/12828
dc.description.abstract NOVA SONIA, NIM 14 106 048, Judul Skripsi “Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dengan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 1 Banuhampu pada Pembelajaran Biologi”. Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2018. Pokok permasalahan dalam skripsi ini adalah kesulitan siswa dalam memahami dan mengingat materi Biologi, banyaknya siswa yang cepat merasakan bosan pada pembelajaran biologi akibat banyaknya aktivitas merangkum dan kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran. Tujuan pembahasan ini untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa dengan perapkan model pembelajaran reciprocal teaching dengan mind mapping lebih baik dari hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran biologi materi sel sebagai unit terkecil kehidupan kelas XI di SMAN 1 Banuhampu. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah jenis eksperimen semu. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah randomized control group posttest only design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes objektif bentuk pilihan ganda. Pengolahan data dilakukan secara deskriptif kuantitatif, kemudian dianalisis untuk merumuskan hipotesis penelitian yang diajukan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IA SMAN 1 Banuhampu tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari tiga kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IA 1 sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil tes kedua sampel setelah penerapan model pembelajaran reciprocal teaching dengan mind mapping dikelas eksperimen dan model konvensional dikelas kontrol. Hipotesis diuji dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 82,81, sedangkan pada kelas kontrol adalah 76,09. Dari uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel dimana 3,386>1,670 sehingga hipotesis peneliti diterima. Dapat disimpuka bahwa” hasil belajar siswa dengan Hasil belajar Biologi siswa dengan penerapan model pembelajaran reciprocal teaching dengan mind mapping lebih baik dari hasil belajar Biologi siswa dengan menerapkan pembelajaran konvesional pada materi sel sebagai unit terkecil kehidupan kelas XI SMAN 1 Banuhampu.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Biologi - Pendidikan
dc.subject.ddc 574.07
dc.subject.ddc 574.07
dc.title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANRECIPROCAL TEACHINGDENGAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 1 BANUHAMPU PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

  • Koleksi Skripsi
    Perpustakaan Prodi PENDIDIKAN (TADRIS) BIOLOGI Repository

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku