Abstract:
Rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa terlihat pada saat siswa menyelesaikan soal matematika yang diberikan.Pada saat menyelesaikan soal matematika, indikator-indikator kemampuan komunikasi matematis belum terlihat pada jawaban siswa. Salah satu penyebab rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa adalah karena kurangnya sumber belajar yang digunakan guru untuk mendukung proses pembelajaran. Sumber belajar yang dapat dikembangkan salah satunya adalah handout.Handoutmerupakansumber belajar yang dapat membantu siswamencapaitujuanpembelajaran.Handout yang dikembangkan untuk kemampuan komunikasi matematis siswa, karena handout dirancang berisikan materi, contoh soal dan soal-soal latihan yang memuat indikator-indikator kemampuan komunikasi matematis.Kemampuan komunikasi matematis sangat penting bagi siswa karena dengan kemampuan komunikasi matematis siswa mampu berdiskusi dan menulis tentang matematika.Siswa dapat melakukan organisasi berpikir matematis baik secara lisan maupun tulisan. Dengan siswa melakukan hal-hal tersebut maka siswa akan dapat memahami materi pembelajaran dan tujuan pembelajaran dapat tercapai. Dengan demikian pada skripsi ini dibahas mengenai pengembangan handoutuntuk kemampuan komunikasi matematispada materi lingkaran.Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan data apakah handoutuntukkemampuan komunikasi matematispada materi lingkaranyang dihasilkan telah memenuhi kriteria valid dan praktis.
Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (research and development). Penelitian ini terdiri atas tiga tahap yaitu: pendefinisian (define), perancangan (design)dan pengembangan (develop). Tahap pendefinisian (define) atau tahap analisis kebutuhan dilakukan untuk mendapatkan gambaran kondisi di lapangan, kegiatan ini dimulai dengan melakukan wawancara dengan guru, analisis silabus, RPP dan sumber belajar, serta mereview literaturhandout.Adapun teknik pengumpulan datanya adalah angket. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi dan angket respon siswa. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif.
Darihasilpenelitianmenunjukkan bahwahandoutuntukkemampuan komunikasi matematispada materi lingkaran yang dirancang telah valid dengansedikitrevisi.Handoutuntukkemampuan komunikasi matematispada materi lingkarantelahsangat praktis digunakan setelah diuji coba kepraktisannya pada21 orang siswa kelas VIII.8 SMPN 3 Batusangkar