Publikasi IAIN Batusangkar

INF311-Teknik Riset Operasional (3 SKS) 3 19-MI-C RUSDIAL RUSMI,M.PD FEBI 3.3, Senin, 07.15 s.d 09.45 2020/2021

INF311-Teknik Riset Operasional (3 SKS) 3 19-MI-C RUSDIAL RUSMI,M.PD FEBI 3.3, Senin, 07.15 s.d 09.45 2020/2021

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Jurusan MANAJEMEN INFORMATIKA
Kode Matakuliah INF311
Nama Matakuliah Teknik Riset Operasional
Semester 3
SKS 3 sks
Pengampu Perkuliahan RUSDIAL RUSMI,M.PD
Peserta Perkuliahan 1750401014 - BENDI SUCIPTO,
1750401018 - FAUDIL MUHAMMAD,
1750401024 - HARDIMON ASRI YUSAN,
1750401073 - ZUL FAJRI,
1950401045 - MUHAMMAD REYHAN FAHREZA,
1950401046 - NURUL HIDAYATI,
1950401047 - PONDRA,
1950401048 - RADIKA HIDAYAT,
1950401049 - RAHMAD HIDAYAT,
1950401050 - RAHMAD WIDODO,
1950401051 - RAJES RIZALDI,
1950401052 - REQSHA YANELDA PUTRI,
1950401053 - RESKI ELVARES,
1950401054 - REZA AMELIA,
1950401055 - REZKY YULIARMENRI PUTRA,
1950401056 - RHOMA DHANI,
1950401058 - TAHRIM MULYA AKBAR BUSRA,
1950401059 - TARI MELDALISA,
1950401060 - VIRA SASRA,
1950401062 - YOGI SYAPUTRA,
1950401063 - YUDHI FERNANDES,
1950401064 - YUNAIDI,
1950401065 - ZULHANIF

2. Deskripsi Pembelajaran

3. Capaian / Kompetensi

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Meringkas materi tentang pengertian Teknik Riset Operasional dan Pemrograman Linier dan kaitannya dengan bidang manajemen informatika • Mahasiswa memahami dengan baik kontrak perkuliahan dan RPS.
• Mahasiswa memahami ruang lingkup teknik riset operasional.
• Mahasiswa mampu menyelesaikamasalah pemodelan Program Linear
• Terampil dalam mengembangkan kemampuan matematis, dan sikap positif terhadap pembelajaran
• Ceramah melalui video via Google Classroom
• Diskusi melalui Group WA
• Pemberian tugas
a. Diskusi online menggunakan e-learning dan group WA
b. Menyimak dan mempelajari materi dan video pembelajaran yang dishare di e-campus dan Google Classroom.
c. Mengerjakan tugas / latihan yang dishare di e-campus dan Google Classroom.
3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya a. Menyampaikan kontrak perkuliahan dan RPS
b. Gambaran Umum Teknik riset operasional
c. Pemodelan Persoalan Optimasi dalam PL
2 Mengerjakan soal-soal tugas solusi masalah PL dengan metode Grafik baik untuk kasus maksimasi maupun kasus minimasi • Mahasiswa mampu menyelesaikan masalah PL dengan metode grafik secara manual ataupun menggunakan Ms.Excel
• Terampil dalam mengembangkan kemampuan matematis, dan sikap positif terhadap pembelajaran.
• Ceramah melalui video via Google Classroom
• Diskusi melalui Group WA
• Pemberian tugas
a. Diskusi online menggunakan e-learning dan group WA
b. Menyimak dan mempelajari materi dan video pembelajaran yang dishare di e-campus dan Google Classroom.
c. Mengerjakan tugas / latihan yang dishare di e-campus dan Google Classroom.
3 x 50 menit Ketepatan dalam
Menentukan solusi masalah PL dengan metode Grafik baik untuk kasus maksimasi maupun kasus minimasi
a. Review materi pertemuan 1
b. Penyelesaian/solusi masalah PL dengan metode Grafik baik untuk kasus maksimasi maupun kasus minimasi
3 Mengerjakan soal-soal tugas solusi masalah PL dengan metode Grafik baik untuk kasus maksimasi maupun kasus minimasi • Mahasiswa mampu menyelesaikan masalah PL dengan metode grafik secara manual ataupun menggunakan Ms.Excel
• Terampil dalam mengembangkan kemampuan matematis, dan sikap positif terhadap pembelajaran.
• Ceramah melalui video via Google Classroom
• Diskusi melalui Group WA
• Pemberian tugas
a. Diskusi online menggunakan e-learning dan group WA
b. Menyimak dan mempelajari materi dan video pembelajaran yang dishare di e-campus dan Google Classroom.
c. Mengerjakan tugas / latihan yang dishare di e-campus dan Google Classroom.
3 x 50 menit Ketepatan dalam
Menentukan solusi masalah PL dengan metode Grafik baik untuk kasus maksimasi maupun kasus minimasi
a. Review materi pertemuan 1
b. Penyelesaian/solusi masalah PL dengan metode Grafik baik untuk kasus maksimasi maupun kasus minimasi
4 Mengerjakan soal-soal tugas solusi masalah PL dengan metode Simpleks baik untuk kasus maksimasi maupun kasus minimasi • Mahasiswa mampu menyelesaikan persoalan PL dengan metode simpleks secara manual ataupun menggunakan Ms. Excel
• Mahasiswa memahami masalah khusus PL dan dapat membedakan jenis masalah-masalah khusus tersebut.
• Terampil dalam mengembangkan kemampuan matematis, dan sikap positif terhadap pembelajaran.
• Ceramah melalui video via Google Classroom
• Diskusi melalui Group WA
• Pemberian tugas
a. Diskusi online menggunakan e-learning dan group WA
b. Menyimak dan mempelajari materi dan video pembelajaran yang dishare di e-campus dan Google Classroom.
c. Mengerjakan tugas / latihan yang dishare di e-campus dan Google Classroom.
3 x 50 menit Ketepatan dalam
Menentukan solusi masalah PL dengan metode Sipleks baik untuk kasus maksimasi maupun kasus minimasi
a. Review materi sebelumnya
b. Penyelesaian PL dengan Metode simpleks
5 Mengerjakan soal-soal tugas solusi masalah PL dengan metode Simpleks baik untuk kasus maksimasi maupun kasus minimasi • Mahasiswa mampu menyelesaikan persoalan PL dengan metode simpleks secara manual ataupun menggunakan Ms. Excel
• Mahasiswa memahami masalah khusus PL dan dapat membedakan jenis masalah-masalah khusus tersebut.
• Terampil dalam mengembangkan kemampuan matematis, dan sikap positif terhadap pembelajaran.
• Ceramah melalui video via Google Classroom
• Diskusi melalui Group WA
• Pemberian tugas
a. Diskusi online menggunakan e-learning dan group WA
b. Menyimak dan mempelajari materi dan video pembelajaran yang dishare di e-campus dan Google Classroom.
c. Mengerjakan tugas / latihan yang dishare di e-campus dan Google Classroom.
3 x 50 menit Ketepatan dalam
Menentukan solusi masalah PL dengan metode Sipleks baik untuk kasus maksimasi maupun kasus minimasi
a. Review materi sebelumnya
b. Penyelesaian PL dengan Metode simpleks
6 Mengerjakan soal-soal tugas solusi masalah PL dengan metode Simpleks baik untuk kasus maksimasi maupun kasus minimasi • Mahasiswa mampu menyelesaikan persoalan PL dengan metode simpleks secara manual ataupun menggunakan Ms. Excel
• Mahasiswa memahami masalah khusus PL dan dapat membedakan jenis masalah-masalah khusus tersebut.
• Terampil dalam mengembangkan kemampuan matematis, dan sikap positif terhadap pembelajaran.
• Ceramah melalui video via Google Classroom
• Diskusi melalui Group WA
• Pemberian tugas
a. Diskusi online menggunakan e-learning dan group WA
b. Menyimak dan mempelajari materi dan video pembelajaran yang dishare di e-campus dan Google Classroom.
c. Mengerjakan tugas / latihan yang dishare di e-campus dan Google Classroom.
3 x 50 menit Ketepatan dalam
Menentukan solusi masalah PL dengan metode Sipleks baik untuk kasus maksimasi maupun kasus minimasi
a. Review materi sebelumnya
b. Penyelesaian PL dengan Metode simpleks
7 Mengerjakan soal-soal tugas solusi masalah PL dengan metode Dual Simpleks baik untuk kasus maksimasi maupun kasus minimasi • Mahasiswa mampu menyelesaikan masalah dualitas
• Terampil dalam mengembangkan kemampuan matematis, dan sikap positif terhadap pembelajaran.
• Ceramah melalui video via Google Classroom
• Diskusi melalui Group WA
• Pemberian tugas
a. Diskusi online menggunakan e-learning dan group WA
b. Menyimak dan mempelajari materi dan video pembelajaran yang dishare di e-campus dan Google Classroom.
c. Mengerjakan tugas / latihan yang dishare di e-campus dan Google Classroom.
3 x 50 menit Ketepatan dalam
Menentukan solusi masalah PL dengan metode Dual Sipleks baik untuk kasus maksimasi maupun kasus minimasi
a. Review materi sebelumnya
b. Teori Dualitas
8 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Ujian Tengah Semester (UTS)

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: INF311-Teknik Riset Operasional (3 SKS), Semester: 3 19-MI-C, Dosen : RUSDIAL RUSMI,M.PD, Ruang: FEBI 3.3, Hari: Senin, 07.15 s.d 09.45, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: MANAJEMEN INFORMATIKA

Pengunggahan Barusan