Fakultas | Ekonomi dan Bisnis Islam |
Jurusan | MANAJEMEN INFORMATIKA |
Kode Matakuliah | INF311 |
Nama Matakuliah | Teknik Riset Operasional |
Semester | 3 |
SKS | 3 sks |
Pengampu Perkuliahan | RUSDIAL RUSMI,M.PD |
Peserta Perkuliahan | 1750401014 - BENDI SUCIPTO, 1750401018 - FAUDIL MUHAMMAD, 1750401024 - HARDIMON ASRI YUSAN, 1750401073 - ZUL FAJRI, 1950401045 - MUHAMMAD REYHAN FAHREZA, 1950401046 - NURUL HIDAYATI, 1950401047 - PONDRA, 1950401048 - RADIKA HIDAYAT, 1950401049 - RAHMAD HIDAYAT, 1950401050 - RAHMAD WIDODO, 1950401051 - RAJES RIZALDI, 1950401052 - REQSHA YANELDA PUTRI, 1950401053 - RESKI ELVARES, 1950401054 - REZA AMELIA, 1950401055 - REZKY YULIARMENRI PUTRA, 1950401056 - RHOMA DHANI, 1950401058 - TAHRIM MULYA AKBAR BUSRA, 1950401059 - TARI MELDALISA, 1950401060 - VIRA SASRA, 1950401062 - YOGI SYAPUTRA, 1950401063 - YUDHI FERNANDES, 1950401064 - YUNAIDI, 1950401065 - ZULHANIF |
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Meringkas materi tentang pengertian Teknik Riset Operasional dan Pemrograman Linier dan kaitannya dengan bidang manajemen informatika | • Mahasiswa memahami dengan baik kontrak perkuliahan dan RPS. • Mahasiswa memahami ruang lingkup teknik riset operasional. • Mahasiswa mampu menyelesaikamasalah pemodelan Program Linear • Terampil dalam mengembangkan kemampuan matematis, dan sikap positif terhadap pembelajaran |
• Ceramah melalui video via Google Classroom • Diskusi melalui Group WA • Pemberian tugas |
a. Diskusi online menggunakan e-learning dan group WA b. Menyimak dan mempelajari materi dan video pembelajaran yang dishare di e-campus dan Google Classroom. c. Mengerjakan tugas / latihan yang dishare di e-campus dan Google Classroom. |
3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | a. Menyampaikan kontrak perkuliahan dan RPS b. Gambaran Umum Teknik riset operasional c. Pemodelan Persoalan Optimasi dalam PL |
2 | Mengerjakan soal-soal tugas solusi masalah PL dengan metode Grafik baik untuk kasus maksimasi maupun kasus minimasi | • Mahasiswa mampu menyelesaikan masalah PL dengan metode grafik secara manual ataupun menggunakan Ms.Excel • Terampil dalam mengembangkan kemampuan matematis, dan sikap positif terhadap pembelajaran. |
• Ceramah melalui video via Google Classroom • Diskusi melalui Group WA • Pemberian tugas |
a. Diskusi online menggunakan e-learning dan group WA b. Menyimak dan mempelajari materi dan video pembelajaran yang dishare di e-campus dan Google Classroom. c. Mengerjakan tugas / latihan yang dishare di e-campus dan Google Classroom. |
3 x 50 menit | Ketepatan dalam Menentukan solusi masalah PL dengan metode Grafik baik untuk kasus maksimasi maupun kasus minimasi |
a. Review materi pertemuan 1 b. Penyelesaian/solusi masalah PL dengan metode Grafik baik untuk kasus maksimasi maupun kasus minimasi |
3 | Mengerjakan soal-soal tugas solusi masalah PL dengan metode Grafik baik untuk kasus maksimasi maupun kasus minimasi | • Mahasiswa mampu menyelesaikan masalah PL dengan metode grafik secara manual ataupun menggunakan Ms.Excel • Terampil dalam mengembangkan kemampuan matematis, dan sikap positif terhadap pembelajaran. |
• Ceramah melalui video via Google Classroom • Diskusi melalui Group WA • Pemberian tugas |
a. Diskusi online menggunakan e-learning dan group WA b. Menyimak dan mempelajari materi dan video pembelajaran yang dishare di e-campus dan Google Classroom. c. Mengerjakan tugas / latihan yang dishare di e-campus dan Google Classroom. |
3 x 50 menit | Ketepatan dalam Menentukan solusi masalah PL dengan metode Grafik baik untuk kasus maksimasi maupun kasus minimasi |
a. Review materi pertemuan 1 b. Penyelesaian/solusi masalah PL dengan metode Grafik baik untuk kasus maksimasi maupun kasus minimasi |
4 | Mengerjakan soal-soal tugas solusi masalah PL dengan metode Simpleks baik untuk kasus maksimasi maupun kasus minimasi | • Mahasiswa mampu menyelesaikan persoalan PL dengan metode simpleks secara manual ataupun menggunakan Ms. Excel • Mahasiswa memahami masalah khusus PL dan dapat membedakan jenis masalah-masalah khusus tersebut. • Terampil dalam mengembangkan kemampuan matematis, dan sikap positif terhadap pembelajaran. |
• Ceramah melalui video via Google Classroom • Diskusi melalui Group WA • Pemberian tugas |
a. Diskusi online menggunakan e-learning dan group WA b. Menyimak dan mempelajari materi dan video pembelajaran yang dishare di e-campus dan Google Classroom. c. Mengerjakan tugas / latihan yang dishare di e-campus dan Google Classroom. |
3 x 50 menit | Ketepatan dalam Menentukan solusi masalah PL dengan metode Sipleks baik untuk kasus maksimasi maupun kasus minimasi |
a. Review materi sebelumnya b. Penyelesaian PL dengan Metode simpleks |
5 | Mengerjakan soal-soal tugas solusi masalah PL dengan metode Simpleks baik untuk kasus maksimasi maupun kasus minimasi | • Mahasiswa mampu menyelesaikan persoalan PL dengan metode simpleks secara manual ataupun menggunakan Ms. Excel • Mahasiswa memahami masalah khusus PL dan dapat membedakan jenis masalah-masalah khusus tersebut. • Terampil dalam mengembangkan kemampuan matematis, dan sikap positif terhadap pembelajaran. |
• Ceramah melalui video via Google Classroom • Diskusi melalui Group WA • Pemberian tugas |
a. Diskusi online menggunakan e-learning dan group WA b. Menyimak dan mempelajari materi dan video pembelajaran yang dishare di e-campus dan Google Classroom. c. Mengerjakan tugas / latihan yang dishare di e-campus dan Google Classroom. |
3 x 50 menit | Ketepatan dalam Menentukan solusi masalah PL dengan metode Sipleks baik untuk kasus maksimasi maupun kasus minimasi |
a. Review materi sebelumnya b. Penyelesaian PL dengan Metode simpleks |
6 | Mengerjakan soal-soal tugas solusi masalah PL dengan metode Simpleks baik untuk kasus maksimasi maupun kasus minimasi | • Mahasiswa mampu menyelesaikan persoalan PL dengan metode simpleks secara manual ataupun menggunakan Ms. Excel • Mahasiswa memahami masalah khusus PL dan dapat membedakan jenis masalah-masalah khusus tersebut. • Terampil dalam mengembangkan kemampuan matematis, dan sikap positif terhadap pembelajaran. |
• Ceramah melalui video via Google Classroom • Diskusi melalui Group WA • Pemberian tugas |
a. Diskusi online menggunakan e-learning dan group WA b. Menyimak dan mempelajari materi dan video pembelajaran yang dishare di e-campus dan Google Classroom. c. Mengerjakan tugas / latihan yang dishare di e-campus dan Google Classroom. |
3 x 50 menit | Ketepatan dalam Menentukan solusi masalah PL dengan metode Sipleks baik untuk kasus maksimasi maupun kasus minimasi |
a. Review materi sebelumnya b. Penyelesaian PL dengan Metode simpleks |
7 | Mengerjakan soal-soal tugas solusi masalah PL dengan metode Dual Simpleks baik untuk kasus maksimasi maupun kasus minimasi | • Mahasiswa mampu menyelesaikan masalah dualitas • Terampil dalam mengembangkan kemampuan matematis, dan sikap positif terhadap pembelajaran. |
• Ceramah melalui video via Google Classroom • Diskusi melalui Group WA • Pemberian tugas |
a. Diskusi online menggunakan e-learning dan group WA b. Menyimak dan mempelajari materi dan video pembelajaran yang dishare di e-campus dan Google Classroom. c. Mengerjakan tugas / latihan yang dishare di e-campus dan Google Classroom. |
3 x 50 menit | Ketepatan dalam Menentukan solusi masalah PL dengan metode Dual Sipleks baik untuk kasus maksimasi maupun kasus minimasi |
a. Review materi sebelumnya b. Teori Dualitas |
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ujian Tengah Semester (UTS) |
Artefak perkuliahan Matakuliah: INF311-Teknik Riset Operasional (3 SKS), Semester: 3 19-MI-C, Dosen : RUSDIAL RUSMI,M.PD, Ruang: FEBI 3.3, Hari: Senin, 07.15 s.d 09.45, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: MANAJEMEN INFORMATIKA
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar