Abstract:
Penelitian ini didasari oleh belum maksimalnya prestasi belajar matematika siswa yang di duga dipengaruhi oleh faktor internal seperti kemandirian belajar, aktivitas belajar dan kebiasaan belajar yang memiliki hubungan yang erat. Hal ini peneliti temukan di kelas X AP SMKN 1 Batusangkar. Populasi dari penelitian ini adalah kelas X AP SMKN 1 Batusangkar sebanyak 75 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, angket/kuesioner dan lembar observasi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif assosiatif. Uji coba instrumen adalah siswa kelas XI AP 2 SMKN 1 Batusangkar dengan N=19. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment, dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach’s. Analisis data menggunakan Analisis Jalur.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh langsung Kemandirian Belajar, Aktivitas Belajar dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika siswa kelas X AP SMKN 1 Batusangkar, (2) Pengaruh Kemandirian Belajar, Aktivitas Belajar dan Kebiasaan Belajar secara simultan terhadap Prestasi Belajar Matematika siswa kelas X AP SMKN 1 Batusangkar dan (3) Besar pengaruh tidak langsung Kemandirian Belajar, Aktivitas Belajar dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika kelas X AP SMKN 1 Batusangkar.
Secara Umum hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika dengan t_hitung lebih kecil daripada t_tabel (0,242 < 1,701) pengaruh sebesar 0,3249%, (2) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan Aktivitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika dengant_hitung lebih kecil daripada t_tabel (0,598 < 1,701) pengaruh sebesar 1,69%, (3) Terdapat pengaruh yang signifikan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika dengan t_hitung lebih besar daripada t_tabel (1,98 > 1,701) pengaruh sebesar 23,32%, (4) Besar pengaruh tidak langsung kemandirian belajar, aktivitas belajar dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar matematika sebesar 6,998% dan (5) Terdapat pengaruh yang signifikan Kemandirian Belajar, Aktivitas Belajar dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika secara simultandengan F_hitung lebih besar daripada F_tabel (6,104 > 3,34) pengaruh sebesar 39,7%.