Fakultas | Ekonomi dan Bisnis Islam |
Jurusan | MANAJEMEN ZAKAT DAN WAKAF |
Kode Matakuliah | MZW307 |
Nama Matakuliah | Etika Profesi Amil dan Nadzir |
Semester | 5 |
SKS | 2 sks |
Pengampu Perkuliahan | WIDI NOPIARDO, M.A. |
Peserta Perkuliahan | 1830405001 - AHMAD FAISAL HASIBUAN, 1830405002 - ANA KURNIA, 1830405003 - CICI SARTIKA, 1830405004 - DESI MARDAYANTI, 1830405005 - FATIHAH RIZKI, 1830405008 - NADIA RENATA, 1830405009 - NANDA, 1830405010 - NOVI RAHMA DANI, 1830405011 - NURSOYBA HARAHAP, 1830405012 - RASMI HAYATI, 1830405013 - SINDI MAIDA DWI YANTI, 1830405016 - WIRANDA WULANDARI, 1830405017 - YULIA FITRI |
Tujuan utama dari mata kuliah ini adalah membekali mahasiswa tentang:
1. Dasar-dasar Etika Profesi
2. Pandangan tentang Baik dan Buruk
3. Etika Profesi dalam Perspektif Islam
4. Tujuan, Urgensi, dan Regulasi Terkait Kode Etik Amil dan Nadzir
5. Tugas Amil dan Syarat Menjadi Amil
6. Nilai Dasar dan Landasan Etika Amil Zakat
7. Asas Amil Zakat + Review Materi sebelum UTS
8. UTS (Ujian Tengah Semester)
9. Penegakan Kode Etik Amil Zakat
10. Prinsip dan Aturan Etika dalam Kode Etik Amil Zakat Indonesia
11. Ketentuan Pidana dan Sanksi Administratif terkait Pengelolaan Zakat
12. Jenis, Tugas Nadzir, dan Syarat Menjadi Nadzir
13. Ketentuan Pidana dan Sanksi Administratif terkait Pengelolaan Wakaf
14. Contoh Kasus Amil dan Nadzir yang Tidak Amanah
15. Asosiasi Profesi Amil dan Nadzir + Review Materi sebelum UAS
16. UAS (Ujian Akhir Semester)
1. Mahasiswa Mampu Memahami dan Menjelaskan tentang Dasar-dasar Etika Profesi
2. Mahasiswa Mampu Memahami dan Menjelaskan tentang Pandangan tentang Baik dan Buruk
3. Mahasiswa Mampu Memahami dan Menjelaskan tentang Etika Profesi dalam Perspektif Islam
4. Mahasiswa Mampu Memahami dan Menjelaskan tentang Tujuan, Urgensi, dan Regulasi Terkait Kode Etik Amil dan Nadzir
5. Mahasiswa Mampu Memahami dan Menjelaskan tentang Tugas Amil dan Syarat Menjadi Amil
6. Mahasiswa Mampu Memahami dan Menjelaskan tentang Nilai Dasar dan Landasan Etika Amil Zakat
7. Mahasiswa Mampu Memahami dan Menjelaskan tentang Asas Amil Zakat
8. Mahasiswa Mampu Memahami dan Menjelaskan tentang Penegakan Kode Etik Amil Zakat
9. Mahasiswa Mampu Memahami dan Menjelaskan tentang Prinsip dan Aturan Etika dalam Kode Etik Amil Zakat Indonesia
10. Mahasiswa Mampu Memahami dan Menjelaskan tentang Ketentuan Pidana dan Sanksi Administratif terkait Pengelolaan Zakat
11. Mahasiswa Mampu Memahami dan Menjelaskan tentang Jenis, Tugas Nadzir, dan Syarat Menjadi Nadzir
12. Mahasiswa Mampu Memahami dan Menjelaskan tentang Ketentuan Pidana dan Sanksi Administratif terkait Pengelolaan Wakaf
13. Mahasiswa Mampu Memahami dan Menjelaskan tentang Contoh Kasus Amil dan Nadzir yang Tidak Amanah
14. Mahasiswa Mampu Memahami dan Menjelaskan tentang Asosiasi Profesi Amil dan Nadzir
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Etika Profesi Amil dan Nadzir | Pembahasan tentang ... | Ceramah dan Diskusi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Dasar-dasar Etika Profesi | Pembahasan tentang ... | Ceramah dan diskusi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan Dasar-dasar Etika Profesi | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan Dasar-dasar Etika Profesi, Ketepatan menyebutkan Dasar-dasar Etika Profesi, dan lain sebagainya | |
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Pandangan tentang Baik dan Buruk | Pembahasan tentang ... | Ceramah dan diskusi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal Pandangan tentang Baik dan Buruk | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan Pandangan tentang Baik dan Buruk, Ketepatan menyebutkan Pandangan tentang Baik dan Buruk, dan lain sebagainya | |
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: MZW307-Etika Profesi Amil dan Nadzir (2 SKS), Semester: 5 18-MAZAWA-A, Dosen : WIDI NOPIARDO, M.A., Ruang: FEBI 1.3, Hari: Senin, 16.15 s.d 17.55, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: MANAJEMEN ZAKAT DAN WAKAF
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar