Fakultas | Ekonomi dan Bisnis Islam |
Jurusan | AKUNTANSI SYARIAH |
Kode Matakuliah | IBS101 |
Nama Matakuliah | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Semester | 1 |
SKS | 3 sks |
Pengampu Perkuliahan | DRA. IRMA SURYANI, MH., ZUL ATRIL, M.Sy |
Peserta Perkuliahan | 2030403001 - AGUNG FAJAR SAM SIREGAR, 2030403002 - AKHLI FIKRI, 2030403003 - ALDI MIFTAHUL HUDA, 2030403004 - ANANDA ADDRYAN PRATAMA, 2030403005 - ANISA DAYANTI, 2030403006 - ANNISA SAFITRI, 2030403007 - APRISA ANGGRAINI, 2030403008 - ARDINA AGUSTIA, 2030403009 - BUNGA CHANTIKA, 2030403010 - DARA ATIKAH, 2030403011 - DELMETA SARI, 2030403012 - DEWI RORO AMIATI, 2030403013 - DIKI ARLANDA, 2030403014 - DINI SEPRIANTI, 2030403015 - DINI WULANDARI, 2030403016 - ERIXTRA LAVENRA, 2030403017 - EVA EKA SUSANTI, 2030403018 - FAJRI OKTA TRI MILENIAWAN, 2030403019 - FANI JUNITA, 2030403020 - FAUZIAH AULIA, 2030403021 - FEBRI HANDIKA, 2030403022 - FITRI MARISA, 2030403023 - FRANSISCA AULIA PUTRI, 2030403024 - FUJI RAHMA LESTARI, 2030403025 - GIO ELFANDI, 2030403026 - GITA FAUZIA PUTRI, 2030403027 - GITA PUTRI DWI YUNI, 2030403028 - GULFA KAIROH, 2030403029 - HABIB ALRIZKI, 2030403030 - HAFIDH IHSAN, 2030403031 - HANIF PANGESTU, 2030403032 - HUMAIRATUL ZIKRA, 2030403033 - IBRAHIM, 2030403034 - IMAM SAHPUTRA, 2030403035 - INTAN NURDIANA PUTRI, 2030403036 - ITRA LELI, 2030403037 - JULIANTO FANDRA |
Mata kuliah ini membahas tentang kecakapan dan kemampuan penguasaan pengetahuan kewargaan (civic knowledge) yang terkait dengan materi inti yaitu demokrasi, hak asasi manusia, dan masyarakat madani (civil society). Kecakapan dan kemampuan sikap kewargaan (civic dispositions) seperti pengakuan keragaman. Kecakapan dan kemampuan mengartikulasikan kemampuan kewargaan (civic skills) seperti kemampuan berpartisipasi dalam proses pembuatan kebijakan publik, kontrol terhadap pelaksanaan kebijakan publik penyelenggara negara dan pemerintahan
Mahasiswa mampu menanamkan prinsip demokrasi bagi terwujudnya masyarakat madani, mengembangkan masyarakat menjadi demokratis, kemampuan mendapatkan kepercayaan dari rakyat (masyarakat), mengembangkan kearifan diri (self wisdom) dalam menggunakan kepercayaan yang diberikan masyarakat melalui transfer pembelajaran (transfer learning), pengalihan nilai (transfer of falues), dan pengalihan prinsip-prinsip (transfer of principles).
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu memahami dan melaksanakan kontrak kuliah | Perkenalan dan Kontrak Kuliah | Ceramah dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, dan Mendiskusikan | 3 x 50 menit | Menyimak, Mengamati, dan Mendiskusikan | Peraturan Akademik |
2 | 1. Menganalisa konsep dasar Pendidikan Kewargaan (Civic Education) 2. Menyadari pentingnya dasar Pendidikan Kewargaan (Civic Education) sebagai wadah dan media dalam kerangka nation and character building (pengemabangan dan bangsa berkeadaban. 3. Meanalisa standar kompetensi dan kompetensi dasar Pendidikan Kewargaan (Civic Education) 4. Menganalisa ruang lingkup Materi Pendidikan Kewargaan 5. Menganalisa paradigma Pendidikan Kewargaan 6. Mengapresiasi pentingnya Pendidikan Kewargaan (Civic Education) bagi pembangunan budaya demokrasi di Indonesia 7. Mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pendidikan Kewargaan |
Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan Epistimology, hakikat, Serta Prinsip Dasar Pendidikan kewargaan | Diskusi, ceramah dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Memahami dan menjelaskan Epistimology, hakikat, Serta Prinsip Dasar Pendidikan kewargaan | Buku, jurnal, video dan lain-lain |
3 | Mahasiswa dapat: 1. Menjelaskan Pengertian Negara 2. Menjelaskan tujuan negara 3. Menganalisa unsur-unsur Negara 4. Menganalisa teori terbentuknya negara 5. Menganalisa bentuk-bentuk negara |
Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan konsep dasar Negara berkeadaban | Diskusi, ceramah dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Memahami permasalahan-permasalahan pada negara | Buku, jurnal, video dan lain-lain |
4 | Mahasiswa mampu 1. Menjelaskan hubungan agama dan negara 2. Menganalisa praktek hubungan Agama dan negara di berbagai negara Muslim 3. Mengkritisi hubungan Agama dan negara di Indonesia 4. Menganalisa gejala disintegrasi bangsa |
Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan konsep dasar Negara berkeadaban | Diskusi, ceramah dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Memahami permasalahan-permasalahan pada negara | Buku, jurnal, video dan lain-lain |
5 | Mahasiswa dapat: 1. Memahami konsep dasar (pengertian, tujuan, fungsi dan ruang lingkup) konstitusi dalam kehidupan kenegaraan 2. Menganalisa urgensi konstitusi dalam kehidupan kenegaraan 3. Menerima pentingnya konstitusi dalam sebuah negara 4. Mengetahui klasifikasi Konstitusi 5. Memahami sejarah dan perkembangan konstitusi 6. Menganalisa pola kerja lembaga kenegaraan pasca amandemen UUD 1945 7. Menganalisa tata urutan perundang-undangan Indonesia dalam konteks konstitusi |
Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan Konstitusi dan Tata Perundang-Undangan dalam Kehidupan Bernegara | Diskusi, ceramah dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Membuat resume dan memberikan tanggapan | Buku, jurnal, video dan lain-lain |
6 | Mahasiswa dapat: 1. Menganalisa hakikat dan dimensi identitas nasional 2. Menganalisa unsur-unsur pembentukan identitas nasional 3. Menganalisa keberadaan pancasila sebagai nilai bersama dalam kehidupan kebangsaan dan kenegaraan 4. Menganalisa upaya revitalisasi pancasila dalam konteks perubahan sosial-politik Indonesia modern 5. Mengkritisi konsep dasar globalisasi, glokalisasi, dan ketahanan nasional 6. Mengkritisi konsep dasar multikulturalisme dan penerapannya dalam penguatan nasionalisme dan arus globalisasi |
Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan konsep Identitas nasional dan globalisasi nasional | Diskusi, ceramah dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Identitas nasional dan globalisasi nasional | Buku, jurnal, video dan lain-lain |
7 | Mahasiswa dapat: 1. Menganalisa hakikat demokrasi dalam tatanan Kehidupan 2. Mengkritisi demokrasi sebagai pandangan dalam tatanan kehidupan bersama dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara 3. Menerima demokrasi sebagai pandangan dalam tatanan kehidupan bersama dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara 4. Menganalisa sejarah perkembangan demokrasi di barat dan di Indonesia 5. Menganalisa efektivitas unsur-unsur penunjang tegaknya demokrasi 6. Menganalisa parameter tatanan kehidupan yang demokratis 7. Menyimpulkan keberadaan partai politik dan pemilu dalam rangka masa depan demokrasi di Indonesia 8. Mengkritisi wacana hubugan Islam dan demokrasi |
Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan demokrasi sebagai salah satu dimensi utama dalam perwujudan masyarakat madani | Diskusi, ceramah dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Memahami, menganalisa dan mengkaji tentang pelaksanaan demokrasi di lingkungan mahasiswa | Buku, jurnal, video dan lain-lain |
8 | UTS | UTS | UTS | UTS | 3 x 50 menit | UTS | UTS |
9 | Mahasiswa dapat: 1. Menganalisa hakikat otonomi daerah dan desentralisasi 2. Menilai rumusan visi otonomi daerah 3. Menganalisa prinsip prinsip dalam pelaksanaan desentralisasi dan otonomi daerah 4. Menganalisa tentang pembagian kewenangan antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah dalam konteks desentralisasi dan otonomi daerah |
Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan ketentuan Konsep otomo, daerah Dalam keramhka NKRI | Diskusi, ceramah dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Memahami dan menganalisa prinsip-prinsip otonomi daerah | Buku, jurnal, video dan lain-lain |
10 | Mahasiswa mampu: 1. Menganalisa keterkaitan antara otonomi daerah dengan pemilihan kepala daerah secara langsung 2. Mengapresiasi kebijakan otonomi daerah sebagai upaya efektifitas dan efisiensi manajemen pemerintahan dalam kerangka NKR 3. Mengkritisi pelaksanaan otonomi daerah |
Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan ketentuan Konsep otomo, daerah Dalam keramhka NKRI | Diskusi, ceramah dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Memahami, menganalisa dan mengkritisi pelaksanaan otonomi daerah | Buku, jurnal, video dan lain-lain |
11 | Mahasiswa dapat: 1. Menjelaskan Pengertian, good governance 2. Menganalisa pentingnya prinsip-prinsip good governance dalam tata kelola pemerintahan modern 3. Menganalisa unsur-unsur pokok dalam mewujudkan cita-cita good governance 4. Mendemonstrasikan prinsip-prinsip good governance dalam skala kecil |
Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik dan Bersih (Good & Clean Governance) | Diskusi, ceramah dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Memahami dan menganalisa prinsip-prinsip clean & good governance dan penerapannya dalam skala kecil | Buku, jurnal, video dan lain-lain |
12 | Mahasiswa mampu 1. Mengkritisi kebijakan pemerintah atau lembaga terkait melalui paradigma clean & good governance 2. Menganalisa keterkairan clean & good governance dengan gerakan anti korupsi 3. Menganalisa keterkairan clean & good governance dengan kinerja birokrasi pelayanan publik |
Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik dan Bersih (Good & Clean Governance) | Diskusi, ceramah dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Memahami dan menganalisa keterkaitan clean & good governance dengan gerakan anti korupsi | Buku, jurnal, video dan lain-lain |
13 | Mahasiswa dapat: 1. Menganalisa pengertian dan karakter dasar HAM 2. Menjelaskan perkembangan HAM baik dalam konteks global maupun nasional 3. Menjelaskan bentuk-bentuk HAM 4. Menganalisa model pelanggaran HAM |
Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan Konsep HAM (Hak Asasi Manusia) | Diskusi, ceramah dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Memahami dan menganalisa model-model pelanggaran HAM | Buku, jurnal, video dan lain-lain |
14 | Mahasiswa dapat: 1. Membedakan nilai universal dan lokal HAM 2. Menganalisa prinsip- prinsip kesetaraan gender 3. Menganalisa konsep-konsep Islam tentang HAM |
Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan Konsep HAM (Hak Asasi Manusia) | Diskusi, ceramah dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Menganalisa konsep-konsep Islam tentang HAM | Buku, jurnal, video dan lain-lain |
15 | Mahasiswa dapat: 1. Menganalisa konsep Masyarakat Madani (Civil Society) 2. Menghayati nilai-nilai Masyarakat Madani (Civil Society) 3. Memahami posisi Masyarakat Madani (Civil Society) dalam negara demokras 4. Mengkritisi perkembangan Masyarakat Madani (Civil Society) di Indonesia 5. Mempraktekkan nilai dan semangat Masyarakat Madani (Civil Society) dalam kehidupan sehari-hari |
Mahasiswa memahami serta terampil Membangun Masyarakat Madani (Civil Society) | Diskusi, ceramah dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Mempraktekan nilai dan semangat Masyarakat Madani (Civil Society) dalam kehidupan sehari-hari | Buku, jurnal, video dan lain-lain |
16 | UAS | UAS | UAS | UAS | 3 x 50 menit | UAS | UAS |
Artefak perkuliahan Matakuliah: IBS101-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (3 SKS), Semester: 1 20-AKSYA-A, Dosen : DRA. IRMA SURYANI, MH., ZUL ATRIL, M.Sy, Ruang: FEBI 1.1, Hari: Rabu, 09.45 s.d 12.15, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: AKUNTANSI SYARIAH
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar