Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indeks kepuasan masyarakat dalam pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Sijunjung. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah dengan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini yaitu sesuai dengan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. 25 Tahun 2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat, dimana nilai indeks kepuasan masyarakat dihitung dengan menggunakan “nilai rata-rata tertimbang” masing-masing unsur pelayanan. Dalam penghitungan indeks kepuasan masyarakat terhadap 14 unsur pelayanan yang dikaji, setiap unsur pelayanan memiliki penimbang yang sama yaitu 0,071.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa : 1) Dari 14 indikator pelayanan yang diteliti terdapat indikator yang tertinggi yaitu Keamanan Pelayanan dengan jumlah nilai rata-rata unsur pelayanan 3,01. Sedangkan indikator yang terendah yaitu Keadilan Mendapatkan Pelayanan dengan jumlah nilai rata-rata unsur pelayanan 2,63. 2) Pengukuran nilai indeks kepuasan masyarakat secara keseluruhan menunjukkan hal yang positif dengan jumlah nilai indeks 70,25 dengan mutu pelayanan B dan dikategorikan dalam kondisi yang baik. Hal ini dapat dilihat dari kualitas pelayanan yang diukur berdasarkan indikator yang telah ditentukan.