Fakultas | Ekonomi dan Bisnis Islam |
Jurusan | MANAJEMEN INFORMATIKA |
Kode Matakuliah | INF201 |
Nama Matakuliah | Algoritma dan Struktur Data I |
Semester | 1 |
SKS | 3 sks |
Pengampu Perkuliahan | ZIKRAWAHYU, M.KOM |
Peserta Perkuliahan | 1950401066 - FIKRI ALFARUK, 2050401001 - ABDURRAHMAN, 2050401002 - ADITYA PRASETYO KUSMADI, 2050401003 - AGUNG PERMANA, 2050401004 - ANGGA ANDRI, 2050401005 - ANGGUN PERMATA SARI, 2050401006 - ARI RESTU PUTRA, 2050401007 - ARYSMA SUGIARTO WIBOWO, 2050401008 - CITRA SATYA SAKINAH, 2050401009 - DEFRA ANUGRAH AMAR, 2050401010 - DITYA RIZKI ANDRIANI, 2050401011 - EDO ANSARI RAHMAN, 2050401012 - FAREL PRADANA DINOV, 2050401013 - FERRY RAHMAT HADI PRATAMA, 2050401014 - FIRNA LUSIANA, 2050401015 - HANYFA NURRAHMAN, 2050401016 - HENDRO HARYONO, 2050401017 - IVAN HANIFDEAL |
Mata kuliah yang membahas Materi dan penggunaan algoritma yang dijadikan dasar untuk melakukan analisis suatu permasalahan yang berkaitan dengan logika yang diimplementasikan ke dalam suatu bahasa pemrograman. Sebagian besar mata kuliah ini berupa latihan-latihan secara intensif guna meningkatkan kemampuan para mahasiswa dalam mencari suatu solusi dalam permasalahan logika yang dihadapi yang dituangkan ke dalam algoritma dan diimplementasikan ke dalam suatu Bahasa pemrograman
Standar CP mata kuliah Algoritma dan Struktur Data ditetapkan menjadi empat unsur yaitu sikap dan tata nilai, penguasaaan pengetahuan, dan keterampilan khusus, keterampilan umum dengan mengacu pada CP lulusan yang ditetapkkan program studi. Rumusan keempat CP mata kuliah ini tetapkan sebagai berikut
Unsur sikap dan tata nilai:
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
a. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
b. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
c. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
d. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
e. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
f. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan
g. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
Unsur penguasaan pengetahuan:
1. Mampu menjelaskan konsep-konsep algoritma dan kompleksitas, meliputi konsep-konsep sentral dan kecakapan yang dibutuhkan untuk merancang, menerapkan dan menganalisis algoritma untuk menyelesaikan masalah
2. Mampu menjelaskan konsep dan prinsip algoritma serta teori ilmu komputer yang dapat digunakan dalam pemodelan dan desain sistem berbasis komputer
3. Mampu menjelaskan konsep-konsep bahasa pemrograman, serta mampu membandingkan berbagai solusi serta berbagai model bahasa pemrograman.
4. Mampu menjelaskan bahasa dan algoritma pemrograman yang berkaitan dengan program aplikasi
Unsur keterampilan khusus:
1. Menerapkan konsep-konsep algoritma dan kompleksitas, meliputi konsep-konsep sentral dan kecakapan yang dibutuhkan untuk merancang, menerapkan dan menganalisis algoritma untuk menyelesaikan masalah
2. Menerapkan konsep dan prinsip algoritma serta teori ilmu komputer yang dapat digunakan dalam pemodelan dan desain sistem berbasis komputer
3. Membuat konsep bahasa pemrograman, dari berbagai model bahasa pemrogaraman
4. Menerapkan bahasa dan algoritma pemrograman yang berkaitan dengan program aplikasi
Unsur keterampilan umum:
a. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi sesuai dengan bidang keahliannya; dan
b. mengembangkan beberapa domain intrapersonal skilsl (berfikir kreatif, berfikir kritis dan kerja mandiri) dan interperssonal skills (kerja kelompok daan komunikasi lisan)
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Pertemuan 1 | Belajar mengajar dan tanya jawab | |||||
2 | Pertemuan 2 | Belajar mengajar dan tanya jawab | |||||
3 | 1. Operator, dan Expresi pada algoritma. 2. Runtunan pada algoritma |
Pertemuan 3 | Belajar mengajar dan tanya jawab | ||||
4 | Pertemuan 4 | Belajar mengajar dan tanya jawab | |||||
5 | Pertemuan 5 | Belajar mengajar dan tanya jawab | |||||
6 | Pertemuan 6 | Belajar mengajar dan tanya jawab | |||||
7 | Pertemuan 7 | Belajar mengajar dan tanya jawab | |||||
8 | UAS | Belajar mengajar dan tanya jawab | |||||
9 | Pertemuan 9 | Belajar mengajar dan tanya jawab | |||||
10 | Pertemuan 10 | Belajar mengajar dan tanya jawab | |||||
11 | Pertemuan 11 | Belajar mengajar dan tanya jawab | |||||
12 | - Algoritma Sequential - Algoritma Selection Sort |
Pertemuan 12 | Belajar mengajar dan tanya jawab | ||||
13 | Pertemuan 13 | Belajar mengajar dan tanya jawab | |||||
14 | Pertemuan 14 | Belajar mengajar dan tanya jawab | |||||
15 | Pertemuan 15 | Belajar mengajar dan tanya jawab | |||||
16 | UTS | Belajar mengajar dan tanya jawab |
Artefak perkuliahan Matakuliah: INF201-Algoritma dan Struktur Data I (3 SKS), Semester: 1 20-MI-A, Dosen : ZIKRAWAHYU, M.KOM, Ruang: LABOR KOMPUTER FEBI 1, Hari: Sabtu, 09.46 s.d 12.15, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: MANAJEMEN INFORMATIKA
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar