Publikasi IAIN Batusangkar

MAT302-Geometri Bidang dan Ruang (3 SKS) 3 19-TMM-A Ummul Huda, M.Pd. Ex Lab Komputer 3, Senin, 14.55 s.d 17.55 2020/2021

MAT302-Geometri Bidang dan Ruang (3 SKS) 3 19-TMM-A Ummul Huda, M.Pd. Ex Lab Komputer 3, Senin, 14.55 s.d 17.55 2020/2021

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Jurusan PENDIDIKAN (TADRIS) MATEMATIKA
Kode Matakuliah MAT302
Nama Matakuliah Geometri Bidang dan Ruang
Semester 3
SKS 3 sks
Pengampu Perkuliahan Ummul Huda, M.Pd.
Peserta Perkuliahan 1930105001 - AFIFAH,
1930105002 - ANISA SARIFAH,
1930105003 - ANNISA PUTRI MAHARANI,
1930105004 - ANNISA WARDATUL JANNAH,
1930105005 - ARIFA WAHIDASAFRI,
1930105006 - ATIVA,
1930105007 - AZIZAH TURRAHMI,
1930105008 - AZZAHRA SRI RAHAYU,
1930105009 - CICI HANDAYANI,
1930105010 - DANA TRISNAWATI,
1930105011 - DEAR MASITA,
1930105012 - DELI MAIRAWITA,
1930105013 - DENI TRIMA PUTRI,
1930105015 - DEWITA WIDYA DARA,
1930105016 - DIKE TRI HERMA GUSWITA,
1930105017 - DINA FAJMA NINGSIH,
1930105018 - DINA SALMI,
1930105019 - DODO CANDRA MAYZAL,
1930105020 - FEBY ANGGRAINI,
1930105021 - GEVI PUTRI FILCHA,
1930105022 - GUSTINA WULANDARI,
1930105023 - HAFIZT ADNAN ZEIN,
1930105024 - HANIFATUR RADHIAH,
1930105025 - HELEN ZANETTRI

2. Deskripsi Pembelajaran

Tujuan utama dari mata kuliah ini adalah membekali mahasiswa dengan berbagai kerangka pemikiran teoritis terkait dengan bangun-bangun geometri dalam proses pembelajaran matematika. Ketercapaian CPMK akan dilakukan melalui tes maupun nontes.

3. Capaian / Kompetensi

1. Mahasiswa terampil melukis bangun datar dan ruang dan memanfaatkannya untuk kepentingan pembelajaran matematika
2. Mahasiswa terampil menghitung luas bangun datar dan volume bangun ruang dengan teliti dalam memecahkan masalah matematika
3. Mahasiswa terampil menggambar irisan bidang dari bangun ruang dengan teliti
4. Mahasiswa terampil mengembangkan kemampuan matematis, berpikir matematis tingkat tinggi, dan sikap positif terhadap matematika

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan gambaran perkuliahan dan kontrak kuliah RPS, kontrak kuliah Blended learning Menyimak, Mengamati, Mengerjakan tugas, dan tes 3 x 50 menit Ketepatan jawaban pretes, Ketepatan menjawab soal, Ketepatan jawaban postes Syahrial Syarif dan Nurlius (1990). Geometri Bidang dan Ruang. FMIPA UNP. Padang
2 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan definisi, macam-macam dan hubungan titik, garis dan sudut Titik, garis dan sudut Blended learning Menyimak, Mengamati, Mengerjakan tugas, dan tes 3 x 50 menit Ketepatan jawaban pretes, Ketepatan menjawab soal, Ketepatan jawaban postes Syahrial Syarif dan Nurlius (1990). Geometri Bidang dan Ruang. FMIPA UNP. Padang
3 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan definisi, jenis, keliling dan luas segitiga Segitiga dan dalil pythagoras Blended learning Menyimak, Mengamati, Mengerjakan tugas, dan tes 3 x 50 menit Ketepatan jawaban pretes, Ketepatan menjawab soal, Ketepatan jawaban postes Syahrial Syarif dan Nurlius (1990). Geometri Bidang dan Ruang. FMIPA UNP. Padang
4 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan langkah-langkah melukis bangun dasar geometri dan segitiga Lukisan dasar dan segitiga Blended learning Menyimak, Mengamati, Mengerjakan tugas, dan tes 3 x 50 menit Ketepatan jawaban pretes, Ketepatan lukisan, Ketepatan jawaban postes Syahrial Syarif dan Nurlius (1990). Geometri Bidang dan Ruang. FMIPA UNP. Padang
5 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan definisi, jenis, keliling dan luas segi empat Jajar genjang, persegi panjang, persegi, belah ketupat, trapesium, layang-layang Blended learning Menyimak, Mengamati, Mengerjakan tugas, dan tes 3 x 50 menit Ketepatan jawaban pretes, Ketepatan menjawab soal, Ketepatan jawaban postes Syahrial Syarif dan Nurlius (1990). Geometri Bidang dan Ruang. FMIPA UNP. Padang
6 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan definisi, jenis, keliling dan luas segi empat Lingkaran Blended learning Menyimak, Mengamati, Mengerjakan tugas, dan tes 3 x 50 menit Ketepatan jawaban pretes, Ketepatan menjawab soal, Ketepatan jawaban postes Syahrial Syarif dan Nurlius (1990). Geometri Bidang dan Ruang. FMIPA UNP. Padang
7 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan langkah-langkah melukis bangun datar segi empat Melukis segi empat Blended learning Menyimak, Mengamati, Mengerjakan tugas, dan tes 3 x 50 menit Ketepatan jawaban pretes, Ketepatan lukisan, Ketepatan jawaban postes Syahrial Syarif dan Nurlius (1990). Geometri Bidang dan Ruang. FMIPA UNP. Padang
8 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan penggunaan dalil dan menyelesaikan soal-soalnya Dalil Menelaos dan De Ceva Blended learning Menyimak, Mengamati, Mengerjakan tugas, dan tes 3 x 50 menit Ketepatan jawaban pretes, Ketepatan menjawab soal, Ketepatan jawaban postes Syahrial Syarif dan Nurlius (1990). Geometri Bidang dan Ruang. FMIPA UNP. Padang
9 Mahasiswa mampu menyelesaikan tugas UTS UTS Mengerjakan soal UTS Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjawab soal Syahrial Syarif dan Nurlius (1990). Geometri Bidang dan Ruang. FMIPA UNP. Padang
10 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan definisi, unsur, cara menggambar dan jaring-jaring bangun Kubus, balok, romboider dan paralel epipedum Blended learning Menyimak, Mengamati, Mengerjakan tugas, dan tes 3 x 50 menit Ketepatan jawaban pretes, Ketepatan menjawab soal, Ketepatan jawaban postes Syahrial Syarif dan Nurlius (1990). Geometri Bidang dan Ruang. FMIPA UNP. Padang
11 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan luas dan volume bangun Luas dan volume kubus, balok, romboider dan paralel epipedum Blended learning Menyimak, Mengamati, Mengerjakan tugas, dan tes 3 x 50 menit Ketepatan jawaban pretes, Ketepatan menjawab soal, Ketepatan jawaban postes Syahrial Syarif dan Nurlius (1990). Geometri Bidang dan Ruang. FMIPA UNP. Padang
12 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan definisi, jaring-jaring, luas permukaan dan volume bangun Prisma dan limas Blended learning Menyimak, Mengamati, Mengerjakan tugas, dan tes 3 x 50 menit Ketepatan jawaban pretes, Ketepatan menjawab soal, Ketepatan jawaban postes Syahrial Syarif dan Nurlius (1990). Geometri Bidang dan Ruang. FMIPA UNP. Padang
13 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan definisi, jaring-jaring, luas permukaan dan volume prisma dan limas terpancung Prisma dan limas terpancung Blended learning Menyimak, Mengamati, Mengerjakan tugas, dan tes 3 x 50 menit Ketepatan jawaban pretes, Ketepatan menjawab soal, Ketepatan jawaban postes Syahrial Syarif dan Nurlius (1990). Geometri Bidang dan Ruang. FMIPA UNP. Padang
14 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan definisi, unsur, cara menggambar dan jaring-jaring, luas permukaan dan hubungan volume bangun Tabung, kerucut dan bola Blended learning Menyimak, Mengamati, Mengerjakan tugas, dan tes 3 x 50 menit Ketepatan jawaban pretes, Ketepatan menjawab soal, Ketepatan jawaban postes Syahrial Syarif dan Nurlius (1990). Geometri Bidang dan Ruang. FMIPA UNP. Padang
15 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan cara menggambar dan jaring-jaring, luas permukaan dan volume bangun Irisan tabung dan kerucut Blended learning Menyimak, Mengamati, Mengerjakan tugas, dan tes 3 x 50 menit Ketepatan jawaban pretes, Ketepatan menjawab soal, Ketepatan jawaban postes Syahrial Syarif dan Nurlius (1990). Geometri Bidang dan Ruang. FMIPA UNP. Padang
16 Mahasiswa mampu menyelesaikan tugas UAS UAS Mengerjakan soal UAS Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjawab soal Syahrial Syarif dan Nurlius (1990). Geometri Bidang dan Ruang. FMIPA UNP. Padang

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: MAT302-Geometri Bidang dan Ruang (3 SKS), Semester: 3 19-TMM-A, Dosen : Ummul Huda, M.Pd., Ruang: Ex Lab Komputer 3, Hari: Senin, 14.55 s.d 17.55, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN (TADRIS) MATEMATIKA

Pengunggahan Barusan

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku

Discover

Umpan RSS