Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH |
Kode Matakuliah | PGM404 |
Nama Matakuliah | Pembelajaran IPA MI/SD |
Semester | 5 |
SKS | 3 sks |
Pengampu Perkuliahan | DESTY AYU ANASTASHA, M.Pd |
Peserta Perkuliahan | 1830111001 - ADINDA, 1830111002 - AFRIANTIKA, 1830111003 - AINUL MARDHIYAH, 1830111004 - AMELIA PUTRI, 1830111006 - ANGGUN YOLANDA PUTRI, 1830111007 - ANISA FITRI, 1830111008 - ARI SANDRA, 1830111009 - ARIF NANDIPINTA, 1830111010 - ASSYUARA ZULNI, 1830111012 - DELA PRIMA MABRURI, 1830111013 - DELVISYAH MILENIA, 1830111015 - ELIZA ELVIA, 1830111016 - ELIZA PUTRI, 1830111017 - FANISA AZZURA, 1830111018 - FAUZIAH HARIS, 1830111019 - FILDZAH RAHMATINA, 1830111020 - FITRATUL YULIA ANICA, 1830111021 - IHTIHAJAR RAHMI, 1830111023 - KEISI SILAWATI, 1830111024 - KUMALA SARI, 1830111026 - LARAS LESTARI, 1830111028 - MAYANG PURNAMA SARI, 1830111029 - MEISA SAPUTRI, 1830111030 - MIFTAHUL JANNAH, 1830111031 - MIFTAHUL KHAIRA AFNEL, 1830111032 - MIFTAHUL MAGFIRAH, 1830111033 - MINRIATI, 1830111034 - MIRA ANGGRAINI, 1830111035 - MONNA ANGGRAINI, 1830111036 - MUHAMMAD JIHAD, 1830111037 - MUHANNISAK BINTI ADI, 1830111038 - NESATUL RAHMAH, 1830111039 - NIDYA WIKEN APRILIA, 1830111040 - NIFA ARIANDI PUTRI, 1830111042 - NUR ALISA, 1830111054 - RATIH HUSNI |
Mata kuliah ini mengkaji tentang karakter siswa SD/MI, materi IPA ke-SD/MIan dan bagaimana merencanakan pembelajaran pada pembelajaran IPA di SD/MI menggunakan model-model pembelajaran yang inovatif.
Mahasiswa Mampu mengaplikasikan teori dalam kehidupan khususnya dunia pendidikan, tugas guru secara profesional, memahami kode etik keguruan dalam Pembelajaran IPA MI/SD
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang kontrak perkuliahan | zoom meeting | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Kontrak Perkuliahan |
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | hakikat pembelajaran IPA | |
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | taksonomi bloom | |
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: PGM404-Pembelajaran IPA MI/SD (3 SKS), Semester: 5 18-PGMI-A, Dosen : DESTY AYU ANASTASHA, M.Pd, Ruang: GH.2.2, Hari: Selasa, 07.15 s.d 09.45, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar