Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH |
Kode Matakuliah | PGM404 |
Nama Matakuliah | Pembelajaran IPA MI/SD |
Semester | 5 |
SKS | 3 sks |
Pengampu Perkuliahan | DESTY AYU ANASTASHA, M.Pd |
Peserta Perkuliahan | 1830111045 - NUR'AINI FIRDAUS, 1830111046 - PRATIWI TINARA, 1830111048 - RAHMA SARITA DURI, 1830111049 - RAHMI DIAN PUTRI, 1830111050 - RAISYAH AMINI, 1830111051 - RAMZY REFRIMA PUTRA, 1830111052 - RANI MARDELA PUTRI, 1830111053 - RANI SUKHRAINI, 1830111055 - REMITA, 1830111056 - RENI SUSANTI, 1830111057 - REZA RAHMAH, 1830111058 - RISVIANY, 1830111059 - ROZA ICHA HAYANI, 1830111060 - SALWA HIDAYATULLAH, 1830111061 - SATRIA DIAMON, 1830111062 - SEPTIANI, 1830111063 - SERLY SYAFRIA, 1830111064 - SHALSHABILLA OCTARI JANTRIFA, 1830111065 - SHEILLA PERMATA NELSI LESMANA, 1830111066 - SINTANIA, 1830111067 - SITI NURHAYATI, 1830111068 - SITI SYARAH, 1830111069 - SOFIA, 1830111070 - SOFIA HELEN, 1830111071 - SUCI SYAM HASANAH, 1830111073 - SURYANI AGUSTIN, 1830111074 - SYAKINAH HAULYA ANDRI, 1830111075 - SYARIFAH MURSYIDAH, 1830111076 - TESHA YULIANTARI, 1830111077 - TIARA SALSABILA, 1830111079 - TRI PUTRIANTI, 1830111080 - ULIL AMRI DASMI, 1830111081 - VISKA KURNIA PUTRI, 1830111082 - WILDA NOVRIANI, 1830111083 - YANDIKA PUTRA, 1830111085 - ZAKIA SUKMAWATI |
Mata kuliah ini mengkaji tentang karakter siswa SD/MI, materi IPA ke-SD/MIan dan bagaimana merencanakan pembelajaran pada pembelajaran IPA di SD/MI menggunakan model-model pembelajaran yang inovatif.
Mampu mengaplikasikan teori dalam kehidupan khususnya dunia pendidikan, tugas guru secara profesional, memahami kode etik keguruan.
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | zoom meeting | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | kontrak perkuliahan |
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: PGM404-Pembelajaran IPA MI/SD (3 SKS), Semester: 5 18-PGMI-B, Dosen : DESTY AYU ANASTASHA, M.Pd, Ruang: Lokal KIII.6, Hari: Selasa, 14.55 s.d 17.55, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar