Publikasi IAIN Batusangkar

IBS101-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (3 SKS) 1 20-PGMI-A SYAIFUL MARWAN, M.Pd GH.2.3, Rabu, 09.45 s.d 12.15 2020/2021

IBS101-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (3 SKS) 1 20-PGMI-A SYAIFUL MARWAN, M.Pd GH.2.3, Rabu, 09.45 s.d 12.15 2020/2021

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Jurusan PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
Kode Matakuliah IBS101
Nama Matakuliah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Semester 1
SKS 3 sks
Pengampu Perkuliahan SYAIFUL MARWAN, M.Pd
Peserta Perkuliahan 2030111001 - ADE SAFITRI,
2030111002 - ADEK AGUSTIN,
2030111003 - ADILA SYAFITRI,
2030111004 - ALFIN WAHYUDI,
2030111005 - AL-HANAB BILLFADAWI,
2030111006 - AMANDA SUCI RAMADHANI,
2030111007 - ANA NURUL FALAH,
2030111008 - ANANDA ZAHARA SYAHRANI,
2030111009 - ANGGINA YULITA,
2030111010 - ANGGUN INDAH LESTARI,
2030111011 - ANISA,
2030111012 - ANNISA FITRI,
2030111013 - ANNISA NURHASANAH,
2030111014 - ANNISA RIZKY ERISTIA,
2030111015 - ANNISATIL KHAIRAH,
2030111016 - APRIYANI YANTI,
2030111017 - ARDIAN PALBI,
2030111018 - ARIF ARYA MAULANA,
2030111019 - ARIF MUSTAQIM,
2030111020 - ARIFAH DIANA PUTRI,
2030111021 - ASHARI DITHA SYAFITRI,
2030111022 - ASRA,
2030111023 - AULIA ELFIYANI,
2030111024 - BANGUN SAPUTRA,
2030111025 - BOBRY PUTRA BATAPES,
2030111026 - CICI FEBRIYANI,
2030111027 - CICI INTAN PERMATA SARI,
2030111028 - CINDY CLODYA,
2030111029 - DEA FEBRIANA,
2030111030 - DEA YULIANDA PUTRI,
2030111031 - DETIA RIZKI RAMADHANI,
2030111032 - DIFA NILA KESUMA,
2030111033 - DILSA KURNIA ILLAHI,
2030111034 - DINA ALVINA,
2030111035 - ELSA RAHMA DEWI,
2030111036 - ELVI RAHIMAH,
2030111037 - ELVIA SANDRA,
2030111038 - ENJEL MERIANTI,
2030111039 - EVI HARIANTI,
2030111040 - FADHILLA AFIFAH QALBI,
2030111041 - FARID ALHAKIM

2. Deskripsi Pembelajaran

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa S1 suatu pendekatan yang terintegrasi mengenai teori tentang konsep Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang membentuk sikap dan perilaku religius yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; berakhlak mulia; berpikir kritis, rasional, filosofis dan dinamis ; cerdas dan trampil dalam mencari, merumuskan (menulis) informasi; memahami dan trampil dalam menyampaikan ide/gagasan/informasi; berani mempertahankan dan menghargai pendapat orang lain; memahami berbagai permasalahan aktual dan mampu menyikapinya sesuai dengan perspektif nilai-nilai luhur Pancasila

3. Capaian / Kompetensi

Mahasiswa mampu menjadi ilmuan dan profesional yang berjiwa, bersikap, berprilaku dan mampu menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa-negara. Memahami dan menghayati sistem kenegaraan berdasarkan UUD 1945; HAM; Hak dan Kewajiban sebagai warga negara yang baik. Memiliki wawasan kebangsaan yang kuat dalam memahami dan memecahkan berbagai permasalahan bangsa dengan mengembangkan budaya demokratis yang berkeadaban, Nasionalisme, Cinta Tanah Air dan semangat Bela Negara. Berpartisipasi aktif dalam pembangunan bangsa dan negara berdasarkan nilai-nilai luhur Pancasila. Mampu menanamkan prinsip demokrasi bagi terwujudnya masyarakat madani, mengembangkan masyarakat menjadi demokratis, kemampuan mendapatkan kepercayaan dari rakyat (masyarakat), mengembangkan kearifan diri (self wisdom) dalam menggunakan kepercayaan yang diberikan masyarakat melalui transfer pembelajaran (transfer learning), pengalihan nilai (transfer of falues), dan pengalihan prinsip-prinsip (transfer of principles).

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Perkuliahan dalam satu semester Pembahasan tentang Perkuliahan dalam satu semester Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
2 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Konsep Dasar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Pembahasan tentang Konsep Dasar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
3 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Membangun Negara berkeadaban Pembahasan tentang Membangun Negara berkeadaban Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
4 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Identitas Nasional dan Globalisasi Pembahasan tentang Identitas Nasional dan Globalisasi Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
5 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Pancasila Sebagai Sistem Nilai Pembahasan tentang Pancasila Sebagai Sistem Nilai Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
6 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Integritas Nasional Pembahasan tentang Integritas Nasional Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
7 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Peraturan Perundang-Undangan Pembahasan tentang Konstitusi dan Peraturan Perundang-Undangan Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
8 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 8 : UTS Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
9 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
10 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
11 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
12 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
13 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
14 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
15 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
16 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 16 : UAS Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: IBS101-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (3 SKS), Semester: 1 20-PGMI-A, Dosen : SYAIFUL MARWAN, M.Pd, Ruang: GH.2.3, Hari: Rabu, 09.45 s.d 12.15, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH

Pengunggahan Barusan

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku

Discover

Umpan RSS