Publikasi IAIN Batusangkar

PAI111-Filsafat Pendidikan Islam (2 SKS) 3 19-PAI-A Dr. ADRIPEN, M.Pd. GH.2.1, Rabu, 10.35 s.d 12.15 2020/2021

PAI111-Filsafat Pendidikan Islam (2 SKS) 3 19-PAI-A Dr. ADRIPEN, M.Pd. GH.2.1, Rabu, 10.35 s.d 12.15 2020/2021

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Jurusan PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kode Matakuliah PAI111
Nama Matakuliah Filsafat Pendidikan Islam
Semester 3
SKS 2 sks
Pengampu Perkuliahan Dr. ADRIPEN, M.Pd.
Peserta Perkuliahan 1930101001 - ABDUL NURRIFQI,
1930101002 - AFDOL HAMDANI,
1930101003 - AHMAD HABIBILLAH,
1930101004 - ALFI SUKRINA,
1930101005 - ANNISA NOVRI,
1930101006 - ASMA DENI,
1930101007 - AULIA KHUSNUN NISA,
1930101008 - AZIZAH FEBRIZA,
1930101009 - AZZURA DENUARTA,
1930101010 - DITA ROSANTI,
1930101011 - ENDAH A'BDILLAH,
1930101013 - HUSNUL KHATIMAH,
1930101014 - INDAH KARTIKA,
1930101015 - KIKI SATRIYA,
1930101017 - M.IRSYAD,
1930101018 - MEGA MELISA PUTRI,
1930101019 - MELI GUSTINA,
1930101020 - MHESY SURPA ARISANDY,
1930101021 - MIFTAHUL HUSNI,
1930101022 - MIFTAHUL RAHMI BUDI,
1930101024 - NOVITA MARDIAH,
1930101025 - NUR FATHA HUSNA DEWI,
1930101026 - NUR FITRIA,
1930101028 - NURHIKMAH HASIBUAN,
1930101029 - NURIL WIDYAWATI,
1930101030 - NURUL AULIA VERONA,
1930101031 - PUTRI YANTI,
1930101033 - RIRI RAHMADHANI,
1930101034 - WIZURAHMI,
1930101035 - YENSI YULIANTI,
1930101036 - YULISNAWATI,
1930101135 - SILFI WAHYUNI

2. Deskripsi Pembelajaran

Tujuan utama dari matakuliah ini adalah mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk mengkaji pemikiran-pemikiran para filosof pendidikan dan pendidikan Islam tentang berbagai aspek dan komponen pendidikan Islam tentang berbagai aspek dan komponen pendidikan dengan berbagai tokohnya, sehingga memiliki keterampilan berpikir mengenai pendidikan sehingga dapat merumuskan pemikiran konsepsional dalam bidang pendidikan Islam

3. Capaian / Kompetensi

Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat:
1. Menganalisis pentingnya komitmen dalam pembelajaran
2. Menjelaskan secara rinci konsep dasar filsafat, filsafat pendidikan dan filsafat pendidikan Islam
3. Mengidentifikasi beberapa pandangan dari aliran filsafat pendidikan dan filsafat pendidikan Islam
4. Menganalisis konsep manusia, masyarakat dan ilmu pengetahuan dalam perspektif filsafat pendidikan Islam
5. Membedakan berbagai komponen dalam pendidikan sebagi bagian dari filsafat pendidikan Islam
6. Menjelaskan pola pendidikan akhlak dan pendidikan nilai dalam perspektif filsafat pendidikan Islam
7. Menganalisis pemikiran pendidikan tokoh pendidikan Islam dunia, Indonesia dan Minangkabau

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa memahami perlunya komitmen dalam pembelajaran Pembahasan tentang Learning Contract dan Gambaran umum matakuliah filsafat pendidikan islam ceramah dan diskusi Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Concept Map,Learning Contract,Gambaran umum matakuliah filsafat pendidikan islam
2 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
3 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
4 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
5 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
6 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
7 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
8 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 8 : UTS Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
9 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
10 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
11 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
12 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
13 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
14 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
15 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
16 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 16 : UAS Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: PAI111-Filsafat Pendidikan Islam (2 SKS), Semester: 3 19-PAI-A, Dosen : Dr. ADRIPEN, M.Pd., Ruang: GH.2.1, Hari: Rabu, 10.35 s.d 12.15, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Pengunggahan Barusan