Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya menganalisis pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah. Pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah masih termasuk kedalam permasalahan yang masih sangat krusial didalam proses pembelajaran. Pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah diukur melalui tes pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan sejauh mana pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah. Metode penelitian yang digunakan adalah gabungan dari metode kuantitatif dan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Akuntansi 2 (K.2) SMK N 1 Batusangkar sebanyak 39 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis dan wawancara. Teknik pengumpulan data adalah dengan cara mereduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Setelah itu, dilakukan validasi menggunakan triangulasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematika, Berdasarkan hasil jawaban siswa sudah menggambarkan siswa telah menyajikan konsep kedalam berbagai bentuk representasi matematika yang lengkap dan benar dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah karena rata-rata siswa yang mendapatkan skor 3 dan skor 4 lebih banyak dibandingkan siswa yang mendapatkan skor 2, 1 dan 0. Hasil wawancara siswa dengan peneliti juga menunjukkan bahwa siswa paham dengan permasalahan, sehingga siswa mampu membuat permodelan matematikanya dengan tepat dan benar. 2) Menggunakan, Memanfaatkan dan Memilih Prosedur atau Operasi Tertentu, Dalam menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur, tidak hanya melakukan perhitungan saja tetapi juga memperhatikan rencana atau strategi yang dipilih sudah lengkap dan benar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada indikator ini, siswa sudah mampu dalam menggunakan,memanfaatkan dan memilih prosedur atau operasi tertentu terhadap solusi lain yang peneliti berikan. Melalui wawancara, siswa dapat menjelaskan menggunakan,memanfaatkan dan memilih prosedur atau operasi tertentu secara tepat dan benar. 3). Mengaplikasikan Konsep atau Algoritma dalam Pemecahan Masalah, Setelah dilaksanakan penelitian, siswa dapat menyelesaikan masalah dengan mengaplikasikan konsep atau algoritma ke pemecahan masalah secara lengkap dan benar. Berdasarkan hasil wawancara siswa dengan peneliti juga menunjukkan siswa mampu menerapkan dan mengaplikasikan sebuah algoritma kedalam pemecahan masalah secara tepat dan benar.