Publikasi IAIN Batusangkar

PGM103-Keterampilan Berbahasa (2 SKS) 3 19-PGMI-A DR. SUSWATI HENDRIANI, M. PD., M. PD., HAFIZUL CHAIR, S. PD. I.,M.Hum L3.4, Kamis, 07.15 s.d 08.55 2020/2021

PGM103-Keterampilan Berbahasa (2 SKS) 3 19-PGMI-A DR. SUSWATI HENDRIANI, M. PD., M. PD., HAFIZUL CHAIR, S. PD. I.,M.Hum L3.4, Kamis, 07.15 s.d 08.55 2020/2021

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Jurusan PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
Kode Matakuliah PGM103
Nama Matakuliah Keterampilan Berbahasa
Semester 3
SKS 2 sks
Pengampu Perkuliahan DR. SUSWATI HENDRIANI, M. PD., M. PD.,
HAFIZUL CHAIR, S. PD. I.,M.Hum
Peserta Perkuliahan 1930111001 - ADHE OCTAVIANDRA,
1930111002 - AGIL EKA PUTRI,
1930111003 - AHMAD SOFYAN,
1930111004 - AINIL YAHYA,
1930111005 - AISYAH,
1930111006 - AMEL RAMADHANI,
1930111007 - AMELIA YUNITA,
1930111008 - ANDINI PRATAMA PUTRI,
1930111009 - ANISA ADRITA,
1930111010 - ANITA,
1930111011 - ANNISA,
1930111012 - ANNISA SEPNARISA,
1930111013 - ASMARITA,
1930111014 - AYUNDA MIZANI,
1930111016 - DEPI PUTRI AFRIYENTI,
1930111017 - DINDA AMELYA ZETRI,
1930111018 - DINDA PUTRI,
1930111020 - EFILIA VERONICA,
1930111021 - ESHA OKTA RAUDHA.A,
1930111022 - FADHILA ASTRIANI,
1930111023 - FADHILAH WAHYUNI,
1930111024 - FADHLAN RAMADHAN NURAS,
1930111026 - FARID FEBRIAN,
1930111027 - FERA HIDAYATIL FITRI,
1930111028 - FILZA ARIFA,
1930111030 - FITRI YANTI,
1930111031 - GUSTI AISYAH,
1930111032 - HAFIFAH ASRIATI,
1930111033 - HAMIDAH MAIZA SAFITRI,
1930111034 - HANDA YENNI,
1930111035 - HARNINA,
1930111037 - II FARIZAL,
1930111038 - INDAH LESTARI,
1930111040 - JENITA AYSA PUTRI,
1930111042 - KARINA YULIA ARISKA,
1930111043 - LISA PUTRIYANI,
1930111044 - MARISSA SYAFWIN,
1930111045 - MATHIA RIDWAN N,
1930111046 - MAYATUL AKMI,
1930111047 - MEGA SUSANTI,
1930111048 - MEKARIANI,
1930111049 - MENDAWATI,
1930111050 - MUHAMMAD KHADAFI,
1930111069 - REFAN FAJRI

2. Deskripsi Pembelajaran

Mata kuliah Keterampilan berbahasa bertujuan untuk memberikan paradigma kepada mahasiswa mengenai teori keterampilan berbahasa . Mata kuliah ini mempelajari keterampilan berbahasa yang harus dimiliki bagi seorang calon pendidik yang melingkupi empat aspek yaitu, keterampilan menyimak, membaca, berbicara dan menulis.

3. Capaian / Kompetensi

Terampil dalam menguasai materi hakikat keterampilan berbahasa dan Terampil dalam menguasai dan mempraktekkan empat aspek keterampuilan berbahasa

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang penyampaian RPS, Kontrak kuliah dan pengantar materi tentang Hakikat Keterampilan Berbahasa Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya RPS Keterampilan Berbahasa
2 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mahasiswa Mampu memahami Aspek Keterampilan Berbahasa Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Aspek Keterampilan Berbahasa
3 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mahasiswa Mampu memahami keterkaitan antar keterampilan berbahasa Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Keterkaitan antar keterampilan berbahasa
4 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mahasiswa Mampu Memahami Konsep Dasar Menyimak Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya KOnsep Dasar Menyimak
5 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
6 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
7 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
8 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 8 : UTS Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
9 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
10 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
11 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
12 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
13 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
14 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
15 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
16 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 16 : UAS Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: PGM103-Keterampilan Berbahasa (2 SKS), Semester: 3 19-PGMI-A, Dosen : DR. SUSWATI HENDRIANI, M. PD., M. PD., HAFIZUL CHAIR, S. PD. I.,M.Hum, Ruang: L3.4, Hari: Kamis, 07.15 s.d 08.55, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH

Pengunggahan Barusan