Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | PENDIDIKAN (TADRIS) BAHASA INGGRIS |
Kode Matakuliah | TBI421 |
Nama Matakuliah | Introduction To Linguistics For Elt |
Semester | 5 |
SKS | 2 sks |
Pengampu Perkuliahan | DR. RITA ERLINDA, M.PD. |
Peserta Perkuliahan | 15300400067 - NOVEL FAJRIN, 15300400079 - RENGGA SANJAYA BURHANI, 1730104048 - NURFAJRIYAH, 1830104002 - AISAH, 1830104003 - AMELIA AMSYA PUTRI, 1830104004 - ANGRAINI PUTRI, 1830104005 - ANNA KARTIKA, 1830104006 - ANNISA AZMI, 1830104007 - AZKIA MUNTAZIA, 1830104008 - BUNGA REFIRA, 1830104009 - DIAN ANGGRAINI, 1830104010 - DICKY DARMAWAN, 1830104012 - EMA LESTARI, 1830104013 - ENJEL PUTRI, 1830104014 - ERNAWATI PUTRI, 1830104016 - FAJRIATI, 1830104017 - FALAL JULIO AKBAR, 1830104018 - FARHANY MUKHLIS, 1830104019 - FAUZIA REIHANIL JANNAH, 1830104021 - FEBBY FEBRY YOLA, 1830104023 - HABIB ASRAF HAMDA, 1830104024 - HADRI GAPES, 1830104025 - ICHSAN DAFHA, 1830104026 - ILFA RAHMI, 1830104028 - IRMA SAFITHRI. M, 1830104029 - JULIANDRO PUTRA PERDANA, 1830104046 - NAILUR RAHMI |
Melalui pembelajaran berbasis inkuiri (inquiry-based learning) dan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan modus perkuliahan daring, mahasiswa mengidentifikasi, membandingkan, menyimpulkan dan menjelaskan konsep Definition of Language and Linguistics, Histroy of English Linguistics, Linguistics for ELT, English Phonetics and Phonology, English Morphology, English Syntax . Berdasarkan penguasaan pada konsep-konsep tersebut, mahasiswa mampu melakukan analisis terhadap pengucapan bunyi-bunyi bahasa Inggris, pembentukan kata bahasa Inggris untuk memperkaya kosa kata, frasa dan kalimat bahasa Inggris untuk menentukan unsur dasar frasa dan kalimat bahasa Inggris. Ketercapaian CPMK dilakukan melalui kemampuan mahasiswa menjelaskan proses pembentukan bunyi-bunyi bahasa Inggris, struktur kata bahasa Inggris dan penggunaan Phrase Structure Rule dalam analisis frasa dan kalimat
Setelah mengikuti perkuliahan ini, diharapkan mahasiswa mampu:
a. Mahasiswa mampu menunjukkan sikap yang baik terhadap bahasa Inggris sebagai bahasa asing
b. Mahasiswa mampu menguasai konsep bahasa (language), linguistic (linguistics) dan sejarah linguistic (the history of linguistics)
c. Mahasiswa mampu menguasai konsep peran/posisi linguistik dalam pembelajaran bahasa Inggris
d. Mahasiswa mampu menguasai konsep dasar bunyi bahasa Inggris ( English Phonetics & Phonology), memproduksinya secara akurat dan menjelaskan proses pembentukannya berdasarkan teori yang melandasinya
e. Mahasiswa mampu menguasai konsep struktur kata dalam bahasa Inggris (English Morphology) dan menjelaskan proses pembentukannya berdasarkan teori yang relevan untuk memperkaya kosakata
f. Mahasiswa mampu menguasai konsep struktur phrasa dan kalimat bahasa Inggris (English Syntax) untuk mengindentifikasi elemen terkecil dari struktur kalimat bahasa Inggris dengan menggunakan Phrase Structure Rules
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Learning Contract | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang Human Language and Animal Communication | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang Linguistics and ELT | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Allophonic Rules and Processes | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang ... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: TBI421-Introduction To Linguistics For Elt (2 SKS), Semester: 5 18-TBI-A, Dosen : DR. RITA ERLINDA, M.PD., Ruang: Lokal KIII.1, Hari: Kamis, 08.55 s.d 10.35, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN (TADRIS) BAHASA INGGRIS
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar