Publikasi IAIN Batusangkar

ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS UNTUK MATERI HIMPUNAN KELAS VII.1 DI SMPN 3 BATUSANGKAR

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author ELFIA NORA
dc.date.accessioned 2017-06-08T00:16:00Z
dc.date.available 2017-06-08T00:16:00Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2017-02-09
dc.identifier.isbn 11105037
dc.identifier.isbn 11105037
dc.identifier.issn
dc.identifier.other 02.21700109
dc.identifier.uri
dc.description.abstract Pembelajaran matematika merupakan salah satu bagian penting dalam bidang ilmu pengetahuan yang bertujuan untuk menciptakan suasana belajar yang efektif, mengembangkan kreatifitas siswa agar siswa memiliki keterampilan atau kemampuan dalam matematika. Salah satunya adalah kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Kurangnya kemampuan Pemecahan Masalah Matematis yang dimiliki siswa di sebabkan oleh siswa kesulitan dalam belajar. Berdasarkan observasi yang dilakukan, siswa di SMPN 3 Batusangkar merupakan siswa yang kurang dalam kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar siswa tersebut, yaitu: 1) menganalisis kesulitan siswa dalam memahami simbol-simbol pada materi himpunan, 2) menganalisis kesulitan siswa dalam melihat hubungan berbagai objek (Persepsi Visual) pada materi himpunan, 3) menganalisis kesulitan siswa dalam mengkombinasikan antara visual dan motoriknya pada materi himpunan dan 4) menganalisis kesulitan dalam bahasa dan membaca pada materi himpunan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Bentuk penelitiannya tergolong pada penelitian deskriptif dengan metode penelitian adalah gabungan dari metode kuantitatif dan kualitatif serta melakukan tes diagnostik untuk menganalisis kesulitan belajar siswa. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VII.1 SMPN 3 Batusangkar berjumlah 26 orang. Pertama siswa diberikan soal tes kemampuan pemecahan masalah, tujuan tes ini untuk mengelompokkan siswa yang mengalami kesulitan belajar dengan siswa yang tidak mengalami kesulitan belajar, kemudian siswa yang mengalami kesulitan belajar sebanyak 20 orang diberi tes diagnostik, tes ini dirancang untuk mengukur kesulitan siswa dalam karakteristik kesulitan belajar matematika. Selajutnya wawancara dilakukan pada siswa yang tergolong mengalami kesulitan belajar. Data yang terkumpul dianalisis dengan prosedur tabulasi data, analisis hasil tes, mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Setelah itu, dilakukan validasi dengan menggunakan triangulasi data. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, diperoleh temuan bahwa siswa mengalami kesulitan belajar pada empat indikator pemecahan masalah matematis. Kesulitan tersebut terlihat dari karakteristik kesulitan belajar yaitu: 1) Kesulitan memahami simbol-simbol dengan persentase 70%. 2) Kesulitan dalam melihat objek visual (Persepsi Visual) dengan persentase 50%. 3) Kesulitan dalam mengkombinasikan visual dan motorik dengan persentase 90%. 4) Kesulitan dalam bahasa dan membaca dengan persentase 85%.
dc.format Computer File
dc.language Indonesia
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject matematika
dc.title ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS UNTUK MATERI HIMPUNAN KELAS VII.1 DI SMPN 3 BATUSANGKAR
dc.type Skripsi


Files in this item

Files Size Format View

There are no files associated with this item.

Publikasi ini ada di koleksi berikut

  • Koleksi Skripsi
    Perpustakaan Prodi PENDIDIKAN (TADRIS) MATEMATIKA Repository

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku