Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | PENDIDIKAN (TADRIS) BIOLOGI |
Kode Matakuliah | TIK101 |
Nama Matakuliah | Ilmu Pendidikan dan Pendidikan Islam |
Semester | 1 |
SKS | 3 sks |
Pengampu Perkuliahan | RIZKI PEBRINA |
Peserta Perkuliahan | 2030106001 - AMELIA PUTRI, 2030106002 - ANILA, 2030106003 - ANNISA MARDHATILLAH, 2030106004 - ARRAHMAH KISWA, 2030106005 - ATIK KURNIA, 2030106006 - ATIKA RIFDAH RISALEH, 2030106007 - AZIZA TURRAHMAN, 2030106008 - DINDA ERIKA SAPUTRI, 2030106009 - DINI INDRIANI, 2030106010 - ELMIA JUWITA PUTRI, 2030106011 - FARHAN WAHYUDI, 2030106012 - INA AULIA ROHMAH, 2030106013 - ISMILA PUTRI SYANI, 2030106014 - JIHAN ANILA, 2030106015 - LATIFAH ZAHRA AI'NI, 2030106016 - LISA FITRI MAWARDANI, 2030106017 - MARDIAN SYAFITRI, 2030106018 - MA'RIFATUL JANNAH, 2030106019 - MEISY MAULIDIA ROHMI, 2030106020 - MERLY NATESYA, 2030106021 - MUHAMMAD IQBAL YENDRIZAL, 2030106022 - MUHAMMAD NOVAL AKBARI |
Mata kuliah ini membahas tentang berbagai konsep teori-teori pendidikan baik pendidikan secara
umum maupun pendidikan Islam yang di dalam nya mengkaji tentang pengertian, tujuan, dasar, fase,
lembaga,kurikulum,metode,evaluasi,media serta segala hal yang berkaitan dengan pendidikan
Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis konsep teori-teori pendidikan, hasil pemikiran para
ahli pendidikan, menyimpulkan konsep pendidikan Islam yang bersumberkan Al-Quran,sunah, dan
hasil ijtihad, serta mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari sebagai pendidik
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu 1. Memahami kontrak belajar dengan benar | Mahasiswa mampu memahami proses perkuliahan IPPI | 1. Menyimak 2. Mengamati 3. Mendiskusikan |
3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | kontrak perkuliahan | |
2 | Mmendikusikan .... mahasiswa mampu : 1. Menjelaskan pengertian pendidikan dan ilmu pendidikan 2. Menjelaskan cabang-cabang ilmu pendidikan 3. Mengemukakan komponen-komponen pendidikan 4. Membedakan konsep pendidikan Islam secara etimologi tentang tarbiyah, ta’dib dan ta’lim 5. Menjelaskan konsep terminology pendidikan Islam |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar pendidikan dan ilmu pendidikan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
3 | Mahasiswa mampu: 1. Menjelaskan dasar , tujuan dan fungsi Pendidikan 2. Menjelaskan pendidikan sebagai pengembangan potensi dan pewarisan budaya 3. Mengemukakan hirarkhi tujuan Pendidikan |
Mahasiswa mampu memahami dasar, tujuan serta fungsi pendidikan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
4 | Mahasiswa mampu: 1. Menjelaskan konsep pendidik 2. Menjelaskan hak dan kewajiban pendidik 3. Menguraikan kedudukan dan tugas pendidik dalam pendidikan Islam 4. Menganalisis kompetensi dan kode etik pendidik dan pendidik Islam |
Mahasiswa mampu menganalisis tentang hakikat pendidik | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
5 | Mahasiswa mampu: 1. Menjelaskan pengertian peserta didik 2. Menjelaskan hak kewajiban peserta didik 3. Menjabarkan kebutuhan peserta didik 4. Menjelaskan kode etik peserta didik dalam pendidikan Islam |
Mahasiswa mampu menjabarkan tentang Hakikat peserta didik | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
6 | Mahasiswa mampu: 1. Mendeskripsikan pendidikan masa pra konsepsi dan pranatal 2. Mengemukakan pendidikan masa bayi dan kanak-kanak 3. Menjelaskan pendidikan masa remaja 4. Menjelaskan pendidikan orang dewasa |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan fase pendidikan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
7 | Mahasiswa mampu: 1. Menjelaskan pengertian lembaga pendidikan 2. Mengidentifikasi jenis lembaga pendidikan 3. Mengemukakan peranan lembaga pendidikan |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan Lembaga pendidikan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
8 | Mahasiswa mampu menjawab dan menyelesaikan soal dengan baik dan benar | UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
9 | Mahasiswa mampu: 1. Menjelaskan pengertian kurikulum 2. Menjelaskan orientasi kurikulum pendidikan 3. Mengemukakan prinsip-prinsip kurikulum pendidikan Islam 4. Menganalisis isi kurikulum pendidikan Islam |
Mahasiswa mampu menganalisis kurikulun pendidikan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
10 | Mahasiswa mampu: 1. Menjelaskan pengertian metode pendidikan 2. Menjelaskan macam-macam metode pendidikan dan pembelajaran 3. Menganalisis pendekatan metode pendidikan Islam |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan metode pendidikan dan pembelajaran | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
11 | Mahasiswa mampu: 1. Menjelaskan pengertian media pendidikan dan pembelajaran 2. Menjelaskan macam-macam /jenis media dan pembelajaran 3. Menganalisis fungsi media dalam pendidikan dan pembelajaran |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan media pendidikan dan pembelajaran | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
12 | Mahasiswa mampu: 1. Menjelaskan pengertian evaluasi pendidikan 2. Menguraikan tujuan dan fungsi evaluasi pendidikan 3. Mengemukakan prinsip dan jenis evaluasi pendidikan Islam 4. Mendeskripsikan syarat-syarat evaluasi pendidikan Islam |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan tentang evaluasi pendidikan dan pembelajaran | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
13 | Mahasiswa mampu: 1. Mendeskripsikan pendidikan sebagai suatu sistem 2. Mendeskripsikan kedudukan pendidikan Islam dalam sistem pendidikan Nasional 3. Menjabarkan latar belakang lahirnya Undang-undang SISDIKNAS 4. Menjelaskan dasar pelaksanaan pendidikan Islam di Indonesia |
Mahasiswa mampu menjabarkan Sistem Pendidikan Islam di Indonesia | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
14 | Mahasiswa Mampu: 1. Menjelaskan urgensi reaktualisasi pendidikan Islam 2. Menjelaskan konsep islamisasi ilmu 3. Menjelaskan model-model pengembangan islamisasi ilmu pengetahuan |
Mahasiswa mampu memahami pendidikan Islam di era globalisasi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
15 | Mahaisswa mampu: 1. Menjelaskan pengertian demokrasi 2. Prinsip-prinsip demokrasi dalam Islam 3. Mengemukakan prinsip-prinsip demokrasi dalam pandangan Islam 4. Menganalisis demokrasi pendidikan 5. Mengemukakan bentuk pelaksanaan demokrasi dalam pendidikan |
Mahasiswa mampu memahami demokrasi pendidikan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
16 | Mahasiswa mampu menjawab dan menyelesaikan soal dengan baik dan benar | UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya |
Artefak perkuliahan Matakuliah: TIK101-Ilmu Pendidikan dan Pendidikan Islam (3 SKS), Semester: 1 20-TBIO-A, Dosen : RIZKI PEBRINA, Ruang: L2.10, Hari: Kamis, 13.15 s.d 15.44, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN (TADRIS) BIOLOGI
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar