Publikasi IAIN Batusangkar

TIK101-Ilmu Pendidikan dan Pendidikan Islam (3 SKS) 1 20-TBIO-A RIZKI PEBRINA L2.10, Kamis, 13.15 s.d 15.44 2020/2021

TIK101-Ilmu Pendidikan dan Pendidikan Islam (3 SKS) 1 20-TBIO-A RIZKI PEBRINA L2.10, Kamis, 13.15 s.d 15.44 2020/2021

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Jurusan PENDIDIKAN (TADRIS) BIOLOGI
Kode Matakuliah TIK101
Nama Matakuliah Ilmu Pendidikan dan Pendidikan Islam
Semester 1
SKS 3 sks
Pengampu Perkuliahan RIZKI PEBRINA
Peserta Perkuliahan 2030106001 - AMELIA PUTRI,
2030106002 - ANILA,
2030106003 - ANNISA MARDHATILLAH,
2030106004 - ARRAHMAH KISWA,
2030106005 - ATIK KURNIA,
2030106006 - ATIKA RIFDAH RISALEH,
2030106007 - AZIZA TURRAHMAN,
2030106008 - DINDA ERIKA SAPUTRI,
2030106009 - DINI INDRIANI,
2030106010 - ELMIA JUWITA PUTRI,
2030106011 - FARHAN WAHYUDI,
2030106012 - INA AULIA ROHMAH,
2030106013 - ISMILA PUTRI SYANI,
2030106014 - JIHAN ANILA,
2030106015 - LATIFAH ZAHRA AI'NI,
2030106016 - LISA FITRI MAWARDANI,
2030106017 - MARDIAN SYAFITRI,
2030106018 - MA'RIFATUL JANNAH,
2030106019 - MEISY MAULIDIA ROHMI,
2030106020 - MERLY NATESYA,
2030106021 - MUHAMMAD IQBAL YENDRIZAL,
2030106022 - MUHAMMAD NOVAL AKBARI

2. Deskripsi Pembelajaran

Mata kuliah ini membahas tentang berbagai konsep teori-teori pendidikan baik pendidikan secara
umum maupun pendidikan Islam yang di dalam nya mengkaji tentang pengertian, tujuan, dasar, fase,
lembaga,kurikulum,metode,evaluasi,media serta segala hal yang berkaitan dengan pendidikan

3. Capaian / Kompetensi

Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis konsep teori-teori pendidikan, hasil pemikiran para
ahli pendidikan, menyimpulkan konsep pendidikan Islam yang bersumberkan Al-Quran,sunah, dan
hasil ijtihad, serta mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari sebagai pendidik

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa mampu 1. Memahami kontrak belajar dengan benar Mahasiswa mampu memahami proses perkuliahan IPPI 1. Menyimak
2. Mengamati
3. Mendiskusikan
3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya kontrak perkuliahan
2 Mmendikusikan ....
















mahasiswa mampu : 1. Menjelaskan pengertian pendidikan dan ilmu pendidikan
2. Menjelaskan cabang-cabang ilmu pendidikan
3. Mengemukakan komponen-komponen pendidikan
4. Membedakan konsep pendidikan Islam secara etimologi tentang tarbiyah, ta’dib dan ta’lim
5. Menjelaskan konsep terminology pendidikan Islam
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar pendidikan dan ilmu pendidikan Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
3 Mahasiswa mampu: 1. Menjelaskan dasar , tujuan dan fungsi Pendidikan
2. Menjelaskan pendidikan sebagai pengembangan potensi dan pewarisan budaya
3. Mengemukakan hirarkhi tujuan Pendidikan
Mahasiswa mampu memahami dasar, tujuan serta fungsi pendidikan Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
4 Mahasiswa mampu:
1. Menjelaskan konsep pendidik
2. Menjelaskan hak dan kewajiban pendidik
3. Menguraikan kedudukan dan tugas pendidik dalam pendidikan Islam
4. Menganalisis kompetensi dan kode etik pendidik dan pendidik Islam
Mahasiswa mampu menganalisis tentang hakikat pendidik Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
5 Mahasiswa mampu:
1. Menjelaskan pengertian peserta didik
2. Menjelaskan hak kewajiban peserta didik
3. Menjabarkan kebutuhan peserta didik
4. Menjelaskan kode etik peserta didik dalam pendidikan Islam
Mahasiswa mampu menjabarkan tentang Hakikat peserta didik Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
6 Mahasiswa mampu:
1. Mendeskripsikan pendidikan masa pra konsepsi dan pranatal
2. Mengemukakan pendidikan masa bayi dan kanak-kanak
3. Menjelaskan pendidikan masa remaja
4. Menjelaskan pendidikan orang dewasa
Mahasiswa mampu mendeskripsikan fase pendidikan Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
7 Mahasiswa mampu:
1. Menjelaskan pengertian lembaga pendidikan
2. Mengidentifikasi jenis lembaga pendidikan
3. Mengemukakan peranan lembaga pendidikan
Mahasiswa mampu mendeskripsikan Lembaga pendidikan Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
8 Mahasiswa mampu menjawab dan menyelesaikan soal dengan baik dan benar UTS Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
9 Mahasiswa mampu:
1. Menjelaskan pengertian kurikulum
2. Menjelaskan orientasi kurikulum pendidikan
3. Mengemukakan prinsip-prinsip kurikulum pendidikan Islam
4. Menganalisis isi kurikulum pendidikan Islam
Mahasiswa mampu menganalisis kurikulun pendidikan Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
10 Mahasiswa mampu:
1. Menjelaskan pengertian metode pendidikan
2. Menjelaskan macam-macam metode pendidikan dan pembelajaran
3. Menganalisis pendekatan metode pendidikan Islam
Mahasiswa mampu mendeskripsikan metode pendidikan dan pembelajaran Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
11 Mahasiswa mampu:
1. Menjelaskan pengertian media pendidikan dan pembelajaran
2. Menjelaskan macam-macam /jenis media dan pembelajaran
3. Menganalisis fungsi media dalam pendidikan dan pembelajaran
Mahasiswa mampu mendeskripsikan media pendidikan dan pembelajaran Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
12 Mahasiswa mampu:
1. Menjelaskan pengertian evaluasi pendidikan
2. Menguraikan tujuan dan fungsi evaluasi pendidikan
3. Mengemukakan prinsip dan jenis evaluasi pendidikan Islam
4. Mendeskripsikan syarat-syarat evaluasi pendidikan Islam
Mahasiswa mampu mendeskripsikan tentang evaluasi pendidikan dan pembelajaran Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
13 Mahasiswa mampu:
1. Mendeskripsikan pendidikan sebagai suatu sistem
2. Mendeskripsikan kedudukan pendidikan Islam dalam sistem pendidikan Nasional
3. Menjabarkan latar belakang lahirnya Undang-undang SISDIKNAS
4. Menjelaskan dasar pelaksanaan pendidikan Islam di Indonesia
Mahasiswa mampu menjabarkan Sistem Pendidikan Islam di Indonesia Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
14 Mahasiswa Mampu:
1. Menjelaskan urgensi reaktualisasi pendidikan Islam
2. Menjelaskan konsep islamisasi ilmu
3. Menjelaskan model-model pengembangan islamisasi ilmu pengetahuan
Mahasiswa mampu memahami pendidikan Islam di era globalisasi Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
15 Mahaisswa mampu:
1. Menjelaskan pengertian demokrasi
2. Prinsip-prinsip demokrasi dalam Islam
3. Mengemukakan prinsip-prinsip demokrasi dalam pandangan Islam
4. Menganalisis demokrasi pendidikan
5. Mengemukakan bentuk pelaksanaan demokrasi dalam pendidikan
Mahasiswa mampu memahami demokrasi pendidikan Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
16 Mahasiswa mampu menjawab dan menyelesaikan soal dengan baik dan benar UAS Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: TIK101-Ilmu Pendidikan dan Pendidikan Islam (3 SKS), Semester: 1 20-TBIO-A, Dosen : RIZKI PEBRINA, Ruang: L2.10, Hari: Kamis, 13.15 s.d 15.44, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: PENDIDIKAN (TADRIS) BIOLOGI

Pengunggahan Barusan

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku

Discover

Umpan RSS