Abstract:
Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi yang digunakan Bank Syariah Mandiri KCP Batusangkar untuk memasarkan layanan jasa mobile banking dan net banking dengan cara: Pertama strategi promosi layanan jasa mobile banking dan net banking dengan menawarkan layanan jasa melalui sebar brosur dan membuat banner di sudut ruangan kantor. Kedua, pemasaran melalui strategi harga (tarif) dengan menawarkan kepada nasabah bahwa tarif pada layanan jasa mobile banking dan net banking di Bank Syariah Mandiri KCP Batusangkar masih terjangkau oleh nasabah. Ketiga, dari segi proses bahwa registrasi layanan jasa mobile banking dan net banking cukup memiliki android dan laptop/computer yang memadai untuk koneksi internet.
Penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitian deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung ke lapangan yang menggambarkan bagaimana strategi pemasaran layanan jasa mobile banking dan net banking pada Bank Syariah Mandiri KCP Batusangkar untuk membantu mempermudah melakukan transaksi, dilihat dari segi bauran pemasaran di antaranya promosi, harga (tarif) dan proses. Data dikumpulkan dalam penelitian ini berasal dari sumber data primer dan sekunder berupa hasil wawancara dan dokumen yang berhubungan dengan pemasaran layanan jasa mobile banking dan net banking. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi.