Abstract:
tangible, reliability, assurance tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah, sedangkan kualitas pelayanan pada dimensi responsiveness dan empathy berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah yang bisa dilihat pada uji hipotesis dengan hasil yang diperoleh pada dimensi tangible memiliki thitung 1,646 < ttabel 2,026 sehinga Ha1 ditolak. Kualitas pelayanan pada dimensi reliability memiliki thitung 0,416 < ttabel 2,026 sehingga Ha2 ditolak. Kualitas pelayanan pada dimensi responsiveness memiliki thitung2,810 > ttabel 2,026 sehingga Ha3 diterima. Kualitas pelayanan pada dimensi assurance memiliki thitung1,145 < ttabel 2,026 sehingga Ha4 ditolak. Kualitas pelayanan pada dimensi empathy memiliki thitung3,243 > ttabel 2,026 sehingga Ha5 diterima. Sedangkan secara bersama-sama kualitas pelayanan pada dimensi tangible, reliability, responsiveness,assurance dan empathy berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah, dengan hasil yang diperoleh melalui uji F, nilai Fhitung sebesar 31,240 > Ftabel 2,470. Sehingga Ha6 diterima. Kualitas pelayanan pada dimensi tangible, reliability, responsiveness,assurance hanya mempengaruhi 80,8% tingkat kepuasan nasabah dan sisanya 19,2% dipengaruhi oleh faktor lain.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan Jenis penelitian field research atau penelitian lapangan. Penelitian ini dilakukan di Bank Nagari Cabang Pembantu Syariah Batusangkar dengan menggunakan metode kuantitatif yaitu menjelaskan kualitas pelayanan Customer Service dan seberapa besar Pengaruh Kualitas Pelayanan Customer Service tersebut Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah Bank Nagari Cabang Pembantu Syariah Batusangkardengan sampel yaitu nasabahfundingBank Nagari Cabang Pembantu Syariah Batusangkar sebanyak 43 orang.