Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan layanan bimbingan kelompok terhadap self efficacy siswa korban bullying kelas VII. B di SMPN 1 Padang Ganting.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII. B di SMPN 1 Padang Ganting, dengan teknik pengumpulan data menggunakan skala Likert.
Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan, maka hasilnya adalah hipotesis alternatif (Ha) diterima. Ini berarti bahwa layanan bimbingan kelompok berpengaruh yang signifikan terhadap self efficacy siswa korban bullying di SMPN 1 Padang Ganting pada taraf signifikasi 1%. Maka dapat dilihat bahwa layanan bimbingan kelompok sangat berpengaruh terhadap self efficacy siswa korban bullying dalam meningkatkan keyakinan akan kemampuanya.