Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan harga diri (self esteem) siswa yang memiliki prestasi belajar tinggi dengan siswa yang memiliki prestasi belajar rendah pada siswa kelas XI di SMAN 1 Rambatan).
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian komparasi yang bersifat deskriptif kuantitatif. Sedangkan alat pengumpulan data menggunakan skala pengukuran yang mengacu pada kisi-kisi yang penulis rancang berdasarkan komponen-komponen harga diri siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI SMAN 1 Rambatan sebanyak 30 orang dengan teknik pengambilan purposive sampling.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa to yang diperoleh sebesar 2,53 sedangkan tt untuk taraf signifikan 5 % adalah 2,05, dengan demikian to lebih besar dari pada nilai “t” tabel pada taraf signifikan 5%. Artinya, terdapatnya perbedaan yang signifikan antara harga diri siswa yang memiliki prestasi belajar tinggi dengan siswa yang memiliki prestasi belajar rendah.