Publikasi IAIN Batusangkar

IBS102-Sejarah Peradaban Islam (2 SKS) 1 A PISDONI MARDIANTO, M.Hum SYA.7, Senin, 10.36 s.d 12.14 2020/2021

IBS102-Sejarah Peradaban Islam (2 SKS) 1 A PISDONI MARDIANTO, M.Hum SYA.7, Senin, 10.36 s.d 12.14 2020/2021

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Syariah
Jurusan HUKUM TATA NEGARA (SIYASAH)
Kode Matakuliah IBS102
Nama Matakuliah Sejarah Peradaban Islam
Semester 1
SKS 2 sks
Pengampu Perkuliahan PISDONI MARDIANTO, M.Hum
Peserta Perkuliahan

2. Deskripsi Pembelajaran

Mata kuliah ini adalah mata kuliah institusi melalui pembelajaran berbasis research dengan modus gabungan tatap muka, mahasiswa menjelaskan dan mengidentifikasi gambaran umum sejarah peradaban islam dari periode klasik sampai masuknya islam ke asia tenggara dengan metode inquiri dengan menggunakan sumber-sumber yang relevan (mengkaji buku teks) sesuai materi yang dibahas. Mahasiswa membuat makalah yang akan dipresentasikan dan audien memberikan kritik saran terhadap pemakalah kemudian dilanjutkan dengan metode small group discussion, mahasiswa dibentuk kembali ke beberapa kelompok diskusi kecil dan diberikan materi yang berbeda kepada masing-masing kelompok kecil dan masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan memberikan kritik saran dan pertanyaan kepada makalah, kemudian pemakalah menjawab pertanyaan dari masing-masing kelompok kecil tersebut. selanjutnya konfirmasi dosen terhadap tema yang dibahas oleh pemakalah dan terhadap indikator yang dibahas kelompok diskusi kecil.
Penilaian dilakukan melalui discovery learning dengan menemukan materi pada buku-buku teks yang sesuai dengan tema yang dibahas. Kemudian secara tes tulisan yaituessay tersruktur dan pilihan ganda dan penilaian secara non tes berupa wawancara, observasi dan penugasan.

3. Capaian / Kompetensi

a. Menjelaskan dan mengidentifikasikan tentang fakta sejarah, karakteristik, ruang lingkup serta landasan dasar Sejarah Kebudayaan Islam dan Peradaban Islam.
b. Mengidentifikasi perkembangan kebudayaan dan peradaban Islam pada masing-masing periode pemerintahan Islam dari berbagai unsur kebudayaan dan peradaban Islam.
c. Menjelaskan dan Mengidentifikasikan tokoh-tokoh yang berjasa dalam mengembangkan kebudayaan Islam dan peradaban Islam.
d. Menjelaskan dan Mengidentifikasikan karakter dari tokoh-tokoh yang berjasa pada masing-masing periode pemerintahan Islam.
e. Meneladani dan mengambil ibrah dari karakter tokoh-tokoh yang berjasa pada masing-masing periode pemerintahan islam.
f. Meneladani dan mengambil ibrah dari tokoh-tokoh yang berjasa dalam mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam pada masing-masing periode pemerintahan Islam.

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mahasiswa mampu memahami kontrak perkuliah Sejarah Peradaban Islam selama satu semester Penjelasan dan diskusi Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Rencana pembelajaran semester
2 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... • Inquiri
 Presentasi makalah
 Discovery Learning
 Small Group Discussion
• Jekso Learning
• Konfirmasi Dosen
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Gambaran umum sejarah dan peradaban Islam
Arab pra Islam
3 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... • Inquiri
 Presentasi makalah
 Discovery Learning
 Small Group Discussion
• Jekso Learning
• Konfirmasi Dosen
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Masa Nabi Muhammad SAW
4 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... • Inquiri
 Presentasi makalah
 Discovery Learning
 Small Group Discussion
• Jekso Learning
• Konfirmasi Dosen
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Alkhulafah Al Rasyidun: khalifah Abu Bakar dan Umar Bin Khattab
5 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... • Inquiri
 Presentasi makalah
 Discovery Learning
 Small Group Discussion
• Jekso Learning
• Konfirmasi Dosen
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Alkhulafa Al Rasyidin: khalifah Utsman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib
6 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... • Inquiri
 Presentasi makalah
 Discovery Learning
 Small Group Discussion
• Jekso Learning
• Konfirmasi Dosen
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Masa pemerintahan daulah Bani Umayyah di Timur
7 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... • Inquiri
 Presentasi makalah
 Discovery Learning
 Small Group Discussion
• Jekso Learning
• Konfirmasi Dosen
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Masa pemerintahan daulah Bani Umayyah di Timur
8 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 8 : UTS Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
9 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... • Inquiri
 Presentasi makalah
 Discovery Learning
 Small Group Discussion
• Jekso Learning
• Konfirmasi Dosen
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Masa pemerintahan daulah Abbasiyah
10 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... • Inquiri
 Presentasi makalah
 Discovery Learning
 Small Group Discussion
• Jekso Learning
• Konfirmasi Dosen
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Masa pemerintahan daulah Abbasiyah
11 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... • Inquiri
 Presentasi makalah
 Discovery Learning
 Small Group Discussion
• Jekso Learning
• Konfirmasi Dosen
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Islam di Andalusia
12 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... • Inquiri
 Presentasi makalah
 Discovery Learning
 Small Group Discussion
• Jekso Learning
• Konfirmasi Dosen
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Islam di Andalusia
13 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... • Inquiri
 Presentasi makalah
 Discovery Learning
 Small Group Discussion
• Jekso Learning
• Konfirmasi Dosen
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Tiga dinasti Islam pada masa pemerintahan Daulah Abbasiyah
14 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... • Inquiri
 Presentasi makalah
 Discovery Learning
 Small Group Discussion
• Jekso Learning
• Konfirmasi Dosen
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Perang salib
Invansi mongol
15 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pembahasan tentang ... • Inquiri
 Presentasi makalah
 Discovery Learning
 Small Group Discussion
• Jekso Learning
• Konfirmasi Dosen
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Islam di kawasan Asia Tenggara
16 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 16 : UAS Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: IBS102-Sejarah Peradaban Islam (2 SKS), Semester: 1 A, Dosen : PISDONI MARDIANTO, M.Hum, Ruang: SYA.7, Hari: Senin, 10.36 s.d 12.14, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: HUKUM TATA NEGARA (SIYASAH)

Pengunggahan Barusan