Publikasi IAIN Batusangkar

HTN208-Perbandingan Hukum Tata Negara Di Dunia Islam* (2 SKS) 5 18-HTN-B MUHAMMAD HIZBI ISLAMI, Lc.,M.I.R.K.H., DR. H. ZAINUDDIN, MA. GH.3.4, Senin, 10.36 s.d 12.14 2020/2021

HTN208-Perbandingan Hukum Tata Negara Di Dunia Islam* (2 SKS) 5 18-HTN-B MUHAMMAD HIZBI ISLAMI, Lc.,M.I.R.K.H., DR. H. ZAINUDDIN, MA. GH.3.4, Senin, 10.36 s.d 12.14 2020/2021

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Syariah
Jurusan HUKUM TATA NEGARA (SIYASAH)
Kode Matakuliah HTN208
Nama Matakuliah Perbandingan Hukum Tata Negara Di Dunia Islam*
Semester 5
SKS 2 sks
Pengampu Perkuliahan MUHAMMAD HIZBI ISLAMI, Lc.,M.I.R.K.H.,
DR. H. ZAINUDDIN, MA.
Peserta Perkuliahan 1830203011 - ANNISA,
1830203016 - BIMA ABDUL AZIZ,
1830203029 - FEBRI YANTI,
1830203033 - GITA MELISA PUTRI,
1830203034 - HADDAD ALWI SAPUTRA,
1830203035 - HASNUL MIZEN,
1830203036 - HIDAYATI SUCI,
1830203037 - IKE YOHANA DEWI,
1830203038 - INDAH DWI MEITA.F,
1830203039 - INDAH PERMATASARI,
1830203040 - IRMA PUTRI AMRY,
1830203041 - ISLA WAHYUNI,
1830203042 - JERI PRASETIO,
1830203043 - KHAIRA TUL AFDA,
1830203044 - LILI SURYANA,
1830203045 - LOLA ANGGRAINI,
1830203047 - MELATI YULIANA SARI,
1830203048 - MIA FEBRIANTI,
1830203051 - MUHAMMAD KHADAFI WINANDA,
1830203052 - MUHAMMAD RAMLI,
1830203053 - MUHAMMAD REZA,
1830203054 - MUSTAQIM,
1830203055 - MUTIARA NABILLA,
1830203056 - NINGSIH,
1830203057 - NOVIA ANDANI,
1830203059 - PUTRI RAHMA DANI,
1830203061 - RAHMAD ALFANDI,
1830203092 - LUSIANA JOMESTI

2. Deskripsi Pembelajaran

Mata kuliah Perbandingan Hukum Tata Negara di Dunia Islam ini diperuntukkan bagi Jurusan Hukum Tata Negara. Mata kuliah ini termasuk dalam komponen mata kuliah keilmuan dan keterampilan (MKK). Dalam perkuliahan ini mahasiswa akan diarahkan pemahamannya kepada dua pokok pembahasan yang terkandung di dalamnya, masing-masing pokok pembahasan tersebut dijabarkan ke dalam sub-sub tema yang berkaitan dan akan dilakukan intergrasi dan interkoneksi dengan ilmu lain. Hubungan integrasi dan interkoneksi dalam matakuliah tersebut terlihat dalam beberapa teori, nilai atau bahkan norma pada beberapa aspek pokok pembahasan dalam Perbandingan Hukum Tata Negara di Dunia Islam dapat digali secara komprehensif. Di samping itu mahasiwa juga dapat memahami objek kajian dalam Hukum Tata Negara Islam.

3. Capaian / Kompetensi

Terselenggaranya pendidikan dan pengajaran berdaya saing tinggi dalam Hukum Tata Negara (Siyasah) yang terintegratif dan inter-konektif berbasis riset dan kearifan lokal.
Berkembangnya Hukum Tata Negara (Siyasah) melalui pengkajian dan penelitian ilmiah yang integrative dan inter-konektif.
Terwujudnya Sarjana Hukum Tata Negara (Siyasah) yang mampu menganalisa, menetapkan Hukum Tata Negara yang integratife dan inter-konektif sesuai dengan tuntutan pengguna dengan memperhatikan kearifan lokal.
Terciptanya Sarjana Hukum Tata Negara (Siyasah) yang cerdas secara intelektual, spiritual, emosional, social dan berdaya saing dalam dunia kerja.
Terlaksananya pengabdian masyarakat dalam Hukum Tata Negara (Siyasah) secara integratif dan inter-konektif untuk menyahuti kebutuhan dan kesejahteraan masyarakat.
Berkontribusi terhadap upaya implementasi Hukum Tata Negara (Siyasah) dalam skala nasional.
Mahasiswa mampu menggambarkan pokok-pokok bahasan materi perkuliahan secara umum dan metode pembelajaran
Mahasiswa mampu memahami dan menggali Hukum Tata Negara dari Konstitusi Saudia Arabia
Mahasiswa mampu memahami dan menggali Hukum Tata Negara dari Konstitusi Mesir
Mahasiswa mampu memahami dan menggali Hukum Tata Negara dari Konstitusi Iran
Mahasiswa mampu memahami dan menggali Hukum Tata Negara dari Konstitusi Irak
Mahasiswa mampu memahami dan menggali Hukum Tata Negara dari Konstitusi Pakistan
Mahasiswa mampu memahami dan menggali Hukum Tata Negara dari Konstitusi Suria
Mahasiswa mampu memahami dan menggali Hukum Tata Negara dari Konstitusi Turki
Mahasiswa mampu memahami dan menggali Hukum Tata Negara dari Konstitusi Yordania
Mahasiswa mampu memahami dan menggali Hukum Tata Negara dari Konstitusi Tunisia
Mahasiswa mampu memahami dan menggali Hukum Tata Negara dari Konstitusi Aljazair
Mahasiswa mampu memahami dan menggali Hukum Tata Negara dari Konstitusi Palestina
Mahasiswa mampu memahami dan menggali Hukum Tata Negara dari Konstitusi Libanon

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mampu menggambarkan pokok-pokok bahasan materi perkuliahan secara umum dan metode pembelajaran Pembahasan tentang Kontrak Perkuliahan Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Gambaran umum meteri perkuliahan dan Metode perkuliahan
2 Mampu memahami dan menggali Hukum Tata Negara dari Konstitusi Saudia Arabia Pembahasan tentang Konstitusi Saudia Arabia Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Konstitusi Saudia Arabia
a. Bentuk Negara
b. Sistem Pemerintahan
c. Pembagian Kekuasaan
d. Eksistensi Syariah dalam Konstitusi
e. Hak-hak dan kewajiban warga Negara
f. Hak Asasi Manusia
3 Mampu memahami dan menggali Hukum Tata Negara dari Konstitusi Mesir Pembahasan tentang Konstitusi Mesir Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Konstitusi Mesir
a. Bentuk Negara
b. Sistem Pemerintahan
c. Pembagian Kekuasaan
d. Eksistensi Syariah dalam Konstitusi
e. Hak-hak warga dan kewajiban Negara
f. Hak Asasi Manusia
4 Mampu memahami dan menggali Hukum Tata Negara dari Konstitusi Iran Pembahasan tentang Konstitusi Iran Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
5 Mampu memahami dan menggali Hukum Tata Negara dari Konstitusi Irak Pembahasan tentang Konstitusi Irak Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
6 Mampu memahami dan menggali Hukum Tata Negara dari Konstitusi Pakistan Pembahasan tentang Konstitusi Pakistan Daring Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Konstitusi Negara Pakisyan
7 Mampu memahami dan menggali HukumTata Negara dari Konstitusi Suria Pembahasan tentang Konstitusi Suria Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
8 8 : UTS Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
9 Mampu memahami dan menggali HukumTata Negara dari Konstitusi Turki Pembahasan tentang Konstitusi Turki Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
10 Mampu memahami dan menggali Hukum Tata Negara dari Konstitusi Yordania Pembahasan tentang Konstitusi Yordania Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
11 Mampu memahami dan menggali Hukum Tata Negara dari Konstitusi Tunisia Pembahasan tentang Konstitusi Tunisia Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
12 Mampu memahami dan menggali Hukum Tata Negara dari Konstitusi Aljazair Pembahasan tentang Konstitusi Aljazair Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
13 Mampu memahami dan menggali Hukum Tata Negara dari Konstitusi Palestina Pembahasan tentang Konstitusi Palestina Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
14 Mampu memahami dan menggali Hukum Tata Negara dari Konstitusi Libanon Pembahasan tentang Konstitusi Libanon Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
15 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 16 : UAS Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya

5. Daftar Rujukan







    News

    Artefak perkuliahan Matakuliah: HTN208-Perbandingan Hukum Tata Negara Di Dunia Islam* (2 SKS), Semester: 5 18-HTN-B, Dosen : MUHAMMAD HIZBI ISLAMI, Lc.,M.I.R.K.H., DR. H. ZAINUDDIN, MA., Ruang: GH.3.4, Hari: Senin, 10.36 s.d 12.14, Tahun Akademik: 2020/2021, Jurusan: HUKUM TATA NEGARA (SIYASAH)

Pengunggahan Barusan