Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan melihat bentuk-bentuk perilaku agresif siswa dan faktor pemicunya di SMKN 2 Batusangkar.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode yang bersifat deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data berupa kata-kata tertulis dengan jenis penelitian field research. Responden dalam penelitian ini adalah siswa SMKN 2 Batusangkar, sebanyak sepuluh orang dengan menggunakan teknik Snawball Sampling.
Hasil penelitian diketahui bahwa perilaku agresif yang sering dilakukan siswa SMKN 2 Batusangkar berupa memukul, meneriaki, mencaci, melukai, membentak, berkata- kata kasar, tidak menjawab pertanyaan guru dan perasaan marah, sedih, kecewa serta kesal yang menjadi faktor pemicunya adalah faktor psikologis, sosial, situasional dan lingkungan. Hal ini berarti bahwa terdapat berbagai macam bentuk perilaku agresif dan faktor-faktor pemicunya di SMKN 2 Batusangkar