Abstract:
Dalam skripsi ini yang menjadi permasalahan adalah apa strategi pemasaran produk Tabungan Tahari Mabrur pada Bank Nagari Cabang Pembantu Syariah Batusangkar dan apa saja kendala yang dihadapi dalam menerapkan strategi pemasaran produk Tabungan Tahari Mabrur pada Bank Nagari Cabang Pembantu Syariah Batusangkar dalam meningkatkan jumlah nasabah.
Tujuan dari pembahasan skripsi ini adalah Untuk mengetahui apa strategi pemasaran produk Tabungan Tahari Mabrur pada Bank Nagari Cabang Pembantu Syariah Batusangkar dan untuk mengetahui apa saja kendala yang dihadapi dalam menerapkan strategi pemasaran produk Tabungan Tahari Mabrur pada Bank Nagari Cabang Pembantu Syariah Batusangkar dalam meningkatkan jumlah nasabah.
Jenis penelitian yang penulis lakukan adalah field research yaitu penelitian lapangan yang bersifat deskriptifkualitatif. Sebagai sumber data dalam penelitian ini adalah Customer Service (CS) pada Bank Nagari Cabang Pembantu Syariah Batusangkar. metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah wawancara dan dokumentasiuntuk mendapatkan data-data dari Bank Nagari Cabang Pembantu Syariah Batusangkar.
Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, dapat disimpulkan bahwa strategi yang digunakan dalam meningkatkan jumlah nasabah produk Tabungan Tahari Mabrur pada Bank Nagari Cabang Pembantu Syariah Batusangkar adalah Pertama strategi produk adalah pemberian (Brand) merk pada Tabungan Haji dan pihak bank langsung yang mengantarkan mengenai dokumen-dokumen nasabah calon jamaah haji ke kantor Kemenag Kabupaten Tanah Datar. Kedua strategi harga memberikan biaya bebas administrasi mulai dari pembukaan rekening tabungan sampai dengan tutup rekening Tabungan Tahari Mabrur.Ketiga strategi tempat strategis yaitudi dekat pusat keramaian kota Batusangkar, yakninya di pasar Batusangkar. Keempatstrategi promosi yang dilakukan adalah dengan Personal Selling (penjualan pribadi), melalui iklan, penyebaran informasi dari mulut ke mulut dan promosi penjualan.
Sedangkan kendala yang dihadapi Bank Nagari Cabang Pembantu Syariah dalam menerapkan strategi pada Tabungan Tahari Mabrur yang pertama strategi produk adalah persepsi masyarakat tentang pengelolaan uang di Bank Nagari cabang Pembantu Syariah Batusangkar dengan Bank Nagari Cabang Batusangkar.Keduastrategi harga setoran awal pada saat pembukaan rekening lebih besar dari bank pesaing.Strategi promosi tidak ada lagi iklan melalui media elektronik seperti iklan melalui radio-radio dan tidak adanya tenaga pekerja khusus (sales promotion) untuk memasarkan produk Tabungan Tahari Mabrur ke masyarakat.