Abstract:
Penelitian ini didasari observasi peneliti di Kelas VIII.3 SMPN 5 Batipuh bahwa siswa tidak mampu mengkoneksikan konsep yang telah dipelajari dengan konsep baru yang sedang siswa pelajari. NCTM juga mengutarakan bahwa ketika siswa mampu menjelaskan koneksi antar konsep matematika maka pemahaman siswa akan lebih mendalam dan bertahan lama dan tanpa koneksi matematis siswa akan belajar terlalu banyak konsep dan prosedur matematika yang terpisah.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih dalam kemampuan koneksi matematis siswa Kelas VIII.3 SMPN 5 Batipuh pada aspek koneksi antar konsep matematika, koneksi matematis dengan bidang ekonomi dan koneksi matematis dengan kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa Kelas VIII.3 yang berjumlah 22 orang. Data yang dikumpulkan berupa data tes kemampuan koneksi matematis yang terdiri dari 3 butir berbentuk soal essay serta hasil wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, studi hasil kerja siswa dan wawancara. Data yang terkumpul dianalisis dengan prosedur mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan.
Berdasarkan hasil tes maupun hasil wawancara, secara umum analisis data menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematika siswa dalam aspek koneksi antar konsep matematika tergolong kepada kategori cukup memuaskan yang dibuktikan oleh indikator koneksi yang mampu dikuasai yaitu mampu mengkoneksi pengetahuan konseptual dan prosedural dan mampu melihat matematika sebagai suatu kesatuan yang terintegrasi. Kemampuan siswa untuk aspek koneksi matematis dengan bidang ekonomi tergolong kepada kategori memuaskan yang dibuktikan oleh indikator koneksi yang mampu dikuasai yaitu mencari dan memahami hubungan berbagai konsep dan prosedur menggunakan matematika dalam bidang lain, menggunakan konsep matematika dalam bidang lain serta menggunakan keterkaitan antar topik matematika dengan luar matematika. Aspek koneksi matematis dengan kehidupan sehari-hari kemampuan siswa tergolong cukup memuaskan.