Abstract:
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi berprestasi siswa kelas XI. IIS. di SMAN 1 Sawahlunto. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah layanan informasi dapat meningkatkan motivasi berprestasi siswa kelas XI. IIS. di SMAN 1 Sawahlunto.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen. Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel X (layanan informasi) terhadap variabel Y (motivasi berprestasi siswa). Hipotesis (H0) penelitian ini adalah layanan informasi tidak berpengaruh signifikan terhadap peningkatan motivasi berprestasi siswa dan Hipotesis (H1) Layanan informasi berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan motivasi berprestasi siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI. IIS. SMAN 1 Sawahlunto. Sampel penelitian yaitu 25 siswa kelas XI. IIS. 1. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu skala dan pengamatan. Treatment diberikan dengan melaksanakan layanan informasi. Materi layanan yang diberikan yaitu, gambaran diri positif, gambaran diri optimis, gambaran percaya diri, berorientasi ke masa depan, menghargai waktu dan tabah, tekun, dan gigih dalam mengerjakan tugas.
Hasil penelitian menunjukkan layanan informasi berpengaruh terhadap peningkatan motivasi berprestasi siswa setelah diberikan layanan informasi. Oleh karena itu hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nihil ditolak.