Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum terungkapnya strategi yang digunakan oleh effortless student-teachers Jurusan Tadris Bahasa Inggris dalam meningkatkan kemampuan penampilanmereka di kelas micro-teaching.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan oleh effortless student-teacherspada penampilan mereka di kelas micro-teaching.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah mahasiswa effortless student-teachersBahasa Inggris semester VIII tahun akademik 2015/2016dalam meningkatkan penampilan mereka di kelas micro-teaching. Informan penelitian ini berjumlah 16 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling.Instrumen kunci adalah peneliti sendiri dengan mewawancarai informan. Untuk menguji kebenaran data, peneliti melakukan time triangulation dengan mewawancarai ulang para informant di waktu yang berbeda. Selanjutnya analisis data dilakukan dengan carareduction of the data, data display, conclusion dan verification of the data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat17 strategi yang dimiliki oleh effortlessstudent-teachers semester VIII Jurusan Tadris Bahasa Inggris di IAIN Batusangkar dalam meningkatkan penampilan mereka di kelas micro-teaching tahun academik 2015/ 2016 yaitu: (1)menyiapkan dan memahami materi yang akan diajarkan; (2)mencoba latihan sebelum tampil; (3)menikmati dan santai ketika mengajar; (4)mempunyai kepercayaan diri; (5)mempersiapkan dan memahami RPP; (6)menatap kepada audience; (7)menganggap mengajar di kelas yang nyata; (8)tidak memikirkan penilaian dosen; (9)memilih media yang bagus; (10)mencari informasi di youtube dan internet; (11)membuat langkah pembelajaran di sebuah kertas; (12)tidak mempedulkan kesalahan yang dibuat; (13)meminta pendapat dari teman; (14)mengaplikasikan komentar dari dosen; (15) mencoba optimis; (16) menambah wawasan dalam mengajar; (17)) mencoba positive thinking.