Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum terungkapnya persepsi mahasiswa semester ke empat jurusan Tadris Bahasa Inggris IAIN Batusangkar terhadap penggunaan puisi dalam belajar grammar. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan persepsimahasiswa terhadap penggunaan puisi dalam belajar grammar grammar pada matakuliah Grammar IV.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitian ini adalah mahasiswa semester ke empat jurusan Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Batusangkar tahun akademik 2015/2016. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti sendiri, sedangkan instrumen pendukung adalah questionnairedan interview. Jenis angketyang digunakan adalah angket terbuka (open questionniaire) yang digunakan untuk menemukan apakah dosen mengajar Grammar IV dengan menggunakan puisi. Jumlah angket terbuka yang diberikan ke responden adalah 32 angket.Sedangkan interview dilakukan untuk menemukan informasi lanjut mengenai persepsiinforman dalam open-questionnaire. Informan dalam penelitian ini berjumlah 15 orang, karena informasi yang didapat oleh peneliti sudah jenuh. Analisis data yang dilakukan adalah dengan cara mereduksi data yang diperoleh dari open-questionnaire dan interview yang telah ditranskripsi untuk kemudian ditampilkan dalam bentuk table dan selanjutnya disimpulkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadappenggunaan puisi dalam belajar grammar antara lain; metode puisi dalam belajar grammar itu sangat bagus, bisa meningkatkan kemampuan menulis, memperkaya kosakata, meningkatkan pemhaman tentang grammar, meningkatkan kemampuan berbicara bahasa inggris, menyenangkan, menigkatkan semangat belajar, membantu untuk memahami pelajaran, tidak membosankan,meningkatkan kekreatifan mahasiswa, bisa mengekspresikan diri melalui puisi, dan menarik.Disamping itu, ada sebagian mahasiswa masih kurang paham dengan grammar, karna mahasiswa lebih terfokus pada puisi bukan grammar dan juga mahasiswa sulit untuk membuat puisi, karena mahasiswa memiliki kesulitan dan keterbatasan kosakata untuk membuat puisi.