Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah beragamnya sikap mahasiswa jurusan Bimbingan Konseling (BK) terhadap penggunaan materi berbahasa Inggris pada mata kuliah yang bukan matakuliah Bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap mahasiswa terhadap penggunaan materi berbahasa Inggris pada matakuliah yang bukan Bahasa Inggris.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitative. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa BK semester VI IAIN Batusangkar tahun akademik 2015/2016. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket yang diujicobakan kepada 27 mahasiswa. Dari angket yang di ujicobakan didapat 26 item valid, 27 item direvisi, dan 3 item dibuang. Selanjutnya angket di distribusikan kepada 40 respondent penelitian untuk mengumpulkan data. Dalam menganalisis data ini, peneliti menggunakan program SPSS 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap mahasiswa dalam penggunaan materi berbahasa Inggris adalah strongly positive dengan rata-rata 176. Jika dilihat dari category nya adalah sebagai berikut: Strongly Positive, 90% dan Positive, 10%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sikap mahasiswa BK dalam penggunaan materi berbahasa Inggris pada mata kuliah yang bukan Bahasa Inggris adalah Strongly positif.