Abstract:
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bervariasinya strategi yang digunakan mahasiswa Tadris Bahasa Inggris yang tergolong pada high achievement students dalam mempelajari grammar. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi-strategi yang digunakan high achievement students dalam memahami grammar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Informan dari penelitian ini adalah mahasiswa semester IV Jurusan Tadris Bahasa Inggris tahun akademik 2015/2016 yang tergolong pada high achievement students. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Informan adalah mahasiswa yang mendapatkan nilai yang tinggi pada matakuliah grammar yang berjumlah 6 orang. Alat pengumpulan data pada penelitian ini adalah pedoman wawancara. Peneliti melakukan wawancara tidak terstruktur terhadap informan serta merekamnya dengan bantuan alat perekam. Untuk menguji kebenaran data, peneliti menggunakan teknik time triangulation. Selanjutnya dalam menganalisis data, peneliti melakukan tahap-tahap; reduksi data, display data, verifikasi data dan mengambil kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa semester IV Jurusan Tadris Bahasa Inggris yang tergolong dalam high achievement students menggunakan 11 strategi dalam mempelajari grammar. Adapun strategi-strategi yang digunakan yaitu, Note-Taking, Question for Clarification, Practicing, Self-Monitoring, Advance Organizer, Self-Management, Cooperative, Highlighting, Resourcing, Selective Attention dan Grouping.