Abstract:
DATIA PRAMITA, NIM 1630105009, Judul Skripsi : “Analisis Pemahaman Matematis Peserta Didik SMPN 5 Batusangkar dalam Melakukan Translasi Matematis dari Representasi Grafik ke Repesrentasi Simbolik pada Materi Persamaan Garis Lurus”. Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya translasi matematis bagi peserta didik agar tercapainya tujuan pembelajaran matematika, namun masih banyak peserta didik yang belum paham dalam melakukan translasi matematis tersebut. Hal ini disebabkan oleh kurang diperhatikannya proses dari translasi tersebut. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah pemahaman matematis peserta didik SMPN 5 Batusangkar dalam melakukan translasi matematis dari representasi grafik ke representasi simbolik pada materi persamaan garis lurus. Tujuan pembahasan ini untuk mengetahui jenis pemahaman yang dilakukan oleh peserta didik dalam melakukan translasi matematis dari representasi grafik ke representasi simbolik.
Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah kualitatif untuk mendapatkan data-data dari permasalahan yang diteliti. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah tes dan wawancara. Pengolahan data dilakukan secara deskriptif kualitatif, kemudian diuraikan serta melakukan klasifikasi terhadap aspek masalah tertentu dan memaparkan melalui kalimat yang efektif.
Dari penelitian yang penulis lakukan dilapangan dapat disimpulkan bahwa pemahaman translasi matematis dari representasi grafik ke representasi simbolik adalah pemahaman yang dimiliki oleh peserta didik dalam melakukan proses perubahan dari bentuk representasi grafik ke bentuk representasi simbolik dalam melakukan proses translasi. Pemahaman translasi matematis dari representasi grafik ke representasi simbolik yang dilakukan oleh peserta didik terdapat tiga jenis pemahaman yaitu 1) Pemahaman translasi instrumental dimana peserta didik menyelesaikan tugas translasi matematis sesuai rumus yang ada tanpa memahaminya. 2) Pemahaman translasi fungsional dimana peserta didik mengkaitkan suatu konsep dalam menyelesaikan tugas translasi matematis serta memahami maksudnya. 3) Pemahaman translasi induktif dimana peserta didik menyelesaikan tugas translasi matematis dengan memisalkan suatu permasalahan serta menyelesaikannya dengan perhitungan yang sederhana. Ketiga pemahaman tersebut dapat diketahui pada proses translasi yakni pada tahap koordinasi awal yang dilakukan oleh peserta didik dalam menyelesaikan tugas translasi matematis.