Abstract:
RINDA RAHMATUL HUSNA DESYUL MITRA, NIM: 15300500059, judul skripsi “Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Berbasis Etnomatematika (Budaya Matematika) dengan Permainan Tradisional Congklak Pada Siswa Kelas VII MTsN 12 Tanah Datar”, Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2020.
Penelitian ini didasarkan pada permasalahan rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Motivasi belajar siswa rendah terlihat dari beberapa siswa yang sibuk dengan kegiatannya masing-masing tanpa memperhatikan guru di depan kelas. Berdasarkan fenomena yang peneliti temukan di lapangan terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang berkemampuan tinggi, sedang dan rendah. Hasil belajar ini peneliti temukan dari hasil tes yang peneliti berikan kepada siswa saat peneliti melakukan observasi. Berdasarkan nilai siswa tersebut peneliti dapat melihat bahwa tingkat kemampuan siswa berbeda-beda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan motivasi belajar siswa setelah menggunakan pembelajaran berbasis etnomatematika dengan permainan tradisional congklak, untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan pembelajaran matematika berbasis etnomatematika dengan permainan tradisional congklak pada kelas VII di MTsN 12 Tanah Datar, untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada siswa yang berkemampuan tinggi, sedang dan rendah.
Jenis penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII.A MTsN 12 Tanah Datar tahun pelajaran 2020/2021. Teknik pemilihan subjek penelitian tersebut di tentukan dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen penelitian yaitu menggunakan angket motivasi belajar, tes hasil belajar, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan pedoman wawancara.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh motivasi siswa meningkat. Hasil tes dan wawancara siswa baik. Adapun rata-rata N-Gain hasil belajar siswa pada kelas VII. A tergolong kategori sedang yaitu 0,53. Peningkatan hasil belajar siswa yang berkemampuan tinggi memiliki N-Gain 0,81. Peningkatan hasil belajar siswa yang berkemampuan sedang memiliki N-Gain 0,49 dan peningkatan hasil belajar siswa yang berkemampuan rendah memiliki N-Gain0,21.