Abstract:
RAMON HIDAYAT, NIM 1902041011, Judul Tesis “Analisis Strategi
Pemasaran Coffee Shop Kelokopi dengan SWOT Analysis dan BCG”. Program
Studi Ekonomi Syariah, Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri Batusangkar.
Pokok permasalahan dalam Tesis ini yaitu Coffee Shop Kelokopi mengalami
penjualan yang tidak stabil serta turunnya total penjualan. Tujuan dalam penelitian
Tesis ini yaitu untuk melihat Strategi Pemasaran Coffee Shop Kelokopi dengan
Metode SWOT dan BCG. Jenis penelitian yang dipakai dalam tesis ini adalah
penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif Kualitatif. Teknik analisis
data yang digunakan yaitu Matriks IFAS (Internal Factor Analysis Summary),
Matriks EFAS (Eksternal Factor Analysis Summary), Matriks IE (Internal
Eksternal), Matriks SWOT dan Matriks BCG. Penelitian ini menunjukkan bahwa
Analisis Matrik SWOT dalam kondisi internal Coffee Shop Kelokopi mempunyai
kekuatan yang lebih besar dibandingkan dengan faktor kelemahan. Dalam kondisi
Eksternal Coffee Shop Kelokopi Batusangkar mempunyai peluang yang lebih besar
dibandingkan dengan faktor ancaman. Analisa Matrik IE (Internal Eksternal)
menempatkan Coffee Shop Kelokopi pada strategi tumbuh dan Membangun. Hasil
perhitungan matrik BCG dapat dilihat bahwa Coffee Shop Kelokopi dengan pesaing
(Coffee Shop Hai Coffe) berada di posisi Question Mark yang berarti bahwa posisi
perusahaan berada dalam kondisi menghadapi pangsa pasar yang rendah dan terjadi
kondisi pertumbuhan yang tinggi. Pada posisi ini perusahaan harus menjalankan
strategi insentif, seperti mengembangkan produk baru agar bisa mengikuti kondisi
pasar yang tinggi.