Abstract:
ABTRAK
Irma Yetti, NIM: 15 300 500 026, Judul Skripsi “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Metaphorical Thinking Untuk Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik di SMP N 2 Pariangan”, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, 2020.
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah keterbatasan sumber sumber belajar yang digunakan peserta didik untuk memahami materi dan kesulitan peserta didik dalam memahami konsep yang diajarkan guru. Meskipun dari segi jumlah sumber belajar yang digunakan sudah mencukupi, namun sumber belajar tersebut tidak bisa menjadi penunjang sepenuhnya bagi peserta didik untuk memahami materi matematika. Selain itu dalam menerapkan konsep guru tidak menyusun pengetahuan peserta didik secara baik sehingga peserta didik kesulitan memahami konsep matematis. Adapun tujuan dari penelitian secara umum adalah untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Metaphorical Thinking untuk Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik Kelas VIII di SMP N 2 Pariangan dalam memahami konsep matematis dan memotivasi peserta didik untuk mendapatkan data apakah karakteristik dari LKPD berbasis pendekatan Metaphorical Thinking yang dihasilkan telah memenuhi kriteria valid.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan pengembangan menurut Van Den Akker yang terdiri atas 3 tahap, yaitu : (1) tahap front analysis (analisis muka-belakang), (2) tahap prototype (prototipe) dan (3) tahap assesment (penilaian). Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk menentukan validasi adalah lembar validasi. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah lembar validasi produk.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik dari LKPD berbasis pendekatan metaphorical thinking yang dirancang telah valid. Hasil uji validitas LKPD yang diperoleh adalah dengan 79% kategori valid.