Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
Jurusan | Bimbingan Konseling |
Kode Matakuliah | BDK107 |
Nama Matakuliah | Pendidikan Inklusi |
Semester | 4 |
SKS | 2 sks |
Pengampu Perkuliahan | RENDY AMORA JOFIPASI, M.Pd |
Peserta Perkuliahan | 1830108042 - M ZUKRI, 2030108003 - ADINDA SALSABILLAH, 2030108004 - AFIFAH SALSABILLAH FIDRA, 2030108006 - ANDINI ELSHA, 2030108007 - ANISA MARSHANDA, 2030108008 - ANNISA FITRI, 2030108009 - ARUM PRAMESTY, 2030108010 - AZZUHRI ROZI, 2030108011 - BEFFI RAHMI SUCI, 2030108012 - CINDY FADDILA, 2030108013 - DEWI HERMAYENI, 2030108015 - DINA MAIYUSTI, 2030108016 - DISKA CLARISTA PERMATA SARI, 2030108017 - DIYAH AYU LESTARI, 2030108018 - DWIANA PRATIWI, 2030108020 - FADILA RAHMI, 2030108021 - FATHONAH ANISA, 2030108022 - FITRI JULIYENTI, 2030108023 - GELORA CINTA SUCI, 2030108024 - GHINA RACHMAWATI, 2030108026 - HAFUZAENCI ISTIQOMAH, 2030108029 - HANIFATHUL KHAIRI, 2030108030 - HENDRI RIVALDI, 2030108037 - MEGA DARMA, 2030108047 - RANA DAYANTI, 2030108064 - WILLYA ZAHARA |
Mata kuliah ini menghantarkan mahasiswa untuk memiliki kompetensi yang mencakup memahami hakikat pendidikan inklusif, yaitu pendidikan yang berbasis peserta didik dari berbagai latar belakang budaya, bahasa, sosial, ekonomi, kemampuan, hambatan dan kebutuhannya, dengan memodifikasi kurikulum serta pembelajaran, sehingga dapat merancang rencana dan melaksanakan proses pendidikan dan pembelajaran yang ramah, aman, nyaman dan menyenangkan di sekolah bagi semua peserta didik, serta mampu bekerja sama dengan semua pihak yang terkait.
1.Memiliki pemahaman dan wawasan tentang pengertian pendidikan inklusif,
2.Memiliki pemahaman dan wawasan sejarah pendidikan anak berkebutuhan khusus
3.Memiliki pemahaman dan wawasan mengenai prinsip- prinsip penyelenggaraan pendidikan inklusif.
4.Memiliki pemahaman dan wawasan mengenai landasan penyelenggaraan pendidikan inklusif
5.Memiliki pemahaman dan wawasan mengenai peranan dan tanggung jawab jawab guru kelas/bidang studi, GPK, orang tua/keluarga dan masyarakat.
6.Memiliki pemahaman dan kecakapan dalam melaksanakan identifikasi dan assesmen anak berkebutuhan khusus di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif.
7.Memiliki kecakapan dalam megembangkan kurikulum di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif.
8.Memiliki kecakapan dalam melaksanakan pembelajaran di kelas inklusi
10.Memiliki pemahaman dan wawasan mengenai aksesibilitas fisik dan non-fisik di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif.
9.Memiliki kecakapan dalam pengelolaan manajemen di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif.
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang Pengertian pendidikan inklusif dari para ahli atau konvensi baik nasional maupun internasional | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang a.Sejarah pendidikan inklusif b.Tujuan pendidikan inklusif c.Prinsip penyelenggaraan pendidikan inklusif d.Keutamaan dan sisi positif pendidikan inklusif |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang .Landasan pendidikan inklusif | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang a.Peranan guru kelas b.Peranan guru bidang studi c.Peranan guru pendidik khusus |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang a.Peranan orang tua pada pendidikan inklusif b.Peranan masyarakat pada pendidikan inklusif c. Bentuk kerja sama antar guru, orang tua, GPK dan masyarakat pada pendidikan inklusif |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang a.Ekonomi, b.sosial, c.budaya, d. daerah, e.fisik, f.mental, g.emosi dan perilaku dll |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang a.Pengertian anak berkebutuhan khusus Klasifikasi anak berkebutuhan khusus |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang pemahaman dan wawasan mengenai karakteristik anak berkebutuhan khusus berdasarkan klasifikasinya | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang pemahaman dan wawasan mengenai karakteristik a.Anak berkesulitan belajar b.Anak lamban belajar c.Autisme d.ADHD e.kelainan majemuk |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang a.Pengertian identifikasi b.Tujuan identifikasi c.Sasaran identifikasi d.Strategi pelaksanaan identifikasi |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang a.Pengertian asesmen b.Tujuan asesmen i.Sasaran asesmen d.Strategi pelaksanaan asesmen J. asesmen akademik dan non akademik |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang a.Pengertian pengembangan kurikulum di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif c.Tujuan pengembangan kurikulum di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif d.Model pengembangan kurikulum pada pendidikan inklusif. |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang A.Pengertian aksesibilitas ABK B.Jenis aksesibilitas ABK Contoh contoh dari aksesibilitas fisik dan non fisik |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pembahasan tentang A.Pengertian manajemen pendidikan inklusif B.Ruang lingkup C.Kriteria manajer pendidikan D.Pelaksanaan manajemen sekolah Pembinaan sekolah inklusi |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video |
Artefak perkuliahan Matakuliah: BDK107-Pendidikan Inklusi (2 SKS), Semester: 4 20-BK-A, Dosen : RENDY AMORA JOFIPASI, M.Pd, Ruang: L2.8, Hari: Sabtu, 14.55 s.d 17.05, Tahun Akademik: 2021/2022, Jurusan: Bimbingan Konseling
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar