Abstract:
Apri Liany. NIM 1730105005. Judul Skripsi: “Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Pada Materi Bangun Datar Dengan Konteks Arsitektur Rumah Gadang Minangkabau”. Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah peserta didik masih menggunakan sumber belajar yang bersifat umum dan belum menghubungkan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik yang dapat mengenal budaya Minangkabau sekitar mereka. Untuk mengatasinya, maka perlu adanya ketersediaan sumber belajar yang dapat menunjang dan dapat meningkatkan karakteristik peserta didik yang mengenal budaya mereka dengan belajar matematika. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran yang terdiri dari RPP dan modul dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) dengan konteks arsitektur rumah gadang Minangkabau yang valid, praktis dan efektif. Secara khusus tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh sebuah data, apakah perangkat pembelajaran yang dihasilkan sudah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Rancangan penelitian pengembangan terdiri dari 3 tahap yaitu (1) tahap define, tahap ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran kondisi di lapangan yang terdiri dari analisis muka belakang,tahap ini dilakukan observasi dan wawancara dengan guru, analisis sumber belajar, analisis karakteristik peserta didik, analisis literature, dan analisis tujuan pembelajaran tentang perangkat pembelajaran berbasis PMR dengan konteks arsitektur rumah gadang Minangkabau, (2) tahap design, digunakan untuk merancang perangkat pembelajaran dan menyusun instrumen penelitian. (3) tahap develop, digunakan untuk melihat validitas, praktikalitas dan efektivitas dari perangkat pembelajaran berbasis PMR dengan konteks arsitektur rumah gadang Minangkabau. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, angket respon guru dan peserta didik, dan tes hasil belajar. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan untuk mengemukakan hasil penelitian diantaranya analisis validitas, analisis praktikalitas dan analisis efektivitas. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa perangkat pembelajaran berbasis PMR dengan konteks arsitektur rumah gadang Minangkabau yang dirancang telah valid, praktis dan efektif. Hasil validitas RPP adalah 80,83% dan modul 84,82% dengan kategori sangat valid. Untuk hasil praktikalitas RPP dan modul yang diperoleh dari hasil angket respon guru yaitu 96,25% dan modul yang diperoleh dari hasil angket peserta didik yaitu 83,16% dengan kategori sangat praktis. Kemudian hasil efektifitas perangkat pembelajaran berbasis PMR dengan konteks arsitektur rumah gadang Minangkabau terlihat pada ketuntasan klasikal peserta didik kelas VII B dengan persentase 92,6% dengan kategori sangat baik.