Abstract:
ABSTRRAK Rahmad Gusnur Fajri, NIM 1730105043 Judul Skripsi “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KNISLEY TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 IX KOTO SUNGAI LASI “ Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Batusangkar 2022. Pokok permasalahan penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis sangat rendah. Rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa disebabkan karena siswa tidak terbiasa dalam menyelidiki dan menyesaikan masalah yang diberikan guru. Siswa hanya cenderung menerima apa yang diberikan oleh guru. Siswa tidak mempunyai inisiatif untuk bertanya pada saat proses pembelajaran, padahal siswa belum mengerti tentang pelajaran yang dijelaskan oleh guru dan ketika guru memberikan soal kepada siswa dengan langkah yang sama namun soal berbeda,siswa tidak mampu memahami soal yang diberikan. Siswa tidak mampu memenuhi indikator-indikator dari pemahaman konsep matematis seperti menyatakan ulang konsep,mengklsifikasikan objek-objek menurut sifat tertentu, menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan model knisley lebih baik dari pada pembelajaran konvensional kelas VIII SMP N 1 IX Koto Sungai Lasi. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah jenis penelitian eksperimen semu ( Quasi Eksperimen ) dengan rancangan Rondomized Control Group Only Design. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini semua siswa kelas VIII SMP N 1 IX Koto Sungai Lasi tahun ajaran 2021/2022 yang terdiri dari dua kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simpel random sampling. Sampel yang terambil sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII 1 dan kelas VIII 2 sebagai kelas kontrol. Data kemampuan pemahaman konsep matematis siswa diperoleh dari hasil pemberian soal tes berupa soal kemampuan pemahaman konsep yang diberikan diakhir pembelajaran. Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan penerapan model pembelajaran knisley lebih baik dari kemampuan pemahaman konsep matematis kelas konvensional.