Abstract:
ABSTRAK MELISA RAHMA YULIRA. NIM, 1730101075, SKRIPSI: “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik Di SDN 22 Paninjauan Kecamatan X Koto Diatas Kabupaten Solok”, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar 2022. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai karakter peserta didik di SDN 22 Paninjauan, Upaya yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai karakter peserta didik di SDN 22 Paninjauan dan hasil yang diharapkan dalam penanaman nilai-nilai karakter peserta didik di SDN 22 Paninjauan. Metode penelitian kualitatif yang peneliti gunakan dalam penelitian ini dengan alasan karena permasalahan yang diteliti kompleks, dinamis dan penuh makna. Penelitian dilakukan pada bulan Januari 2022 di SDN 22 Paninjauan Kecamatan X Koto Diatas Kabupaten Solok. Sumber data adalah dua orang guru, guru Pendidikan Agama Islam dan guru kelas 6 serta ibuk kepala sekolah di SDN 22 Paninjauan. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya guru pendidikan gama Islam dalam penanaman karakter peserta didik adalah: Kerja sama dengan orang tua itu penting jadi bagaimana anak bisa menjadi atau mempunyai karakter yang bagus harus ada kerjasama nya dengan orangtua dan lingkungan sekitar, dan tujuan kegiatan eskul memberikan gambaran bagaimana karakter peserta didik dibangun secara baik, dan yang diharapkan oleh guru agama itu peserta didik bisa mempunyai karakter yang baik dan pembiasaan untuk dirinya sehingga menjadi manusia yang lebih baik lagi. Kemudian faktor pendukung dan penghambat guru dalam menanamkan nilai-nilai karakter, adanya fasilitas yang memadai dalam menanamkan nilai-nilai karakter peserta didik yaitu fasilitas masjid yang memadai, berbagai ekstrakulikuler, dan adanya kekompakan guru dalam mengawasi dan mengontrol peserta didik, Adapun penghambat nya yaitu dari siswa itu sendiri, dimana kelihatannya peserta didik itu karakter nya baik disekolah tetapi ketika dirumah lingkungan nya tidak mendukung ataupun kurangnya pengawasan orang tua.