Abstract:
Ibra Wilza. Nim. 1730108025 (2022). Judul skripsi:. Pengembangan modul layanan Bimbingan Karir Berbasis Multimedia Interaktif untuk meningkatkan arah kematangan arir (Studi Pada Siswa Kelas XI IPS 3) Di SMA Negeri 1 Batusangkar Jurusan Bimbingan dan Konseling Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar. permasalahan pokok yang terjadi di SMA N 1 Batusangkar yaitu terdapat beberapa siswa kelas XI IPS 3, yang masih ragu dan takut akan mempersiapkan dirinya untuk menempuh dan memilih karir dimasa mendatang. Pelaksanaan layanan bimbingan karir di sekolah yang tidak berjalan dengan efektif, dikarenakan jumlah guru BK tidak sesuai dengan banyak siswa yang akan dibimbing. Sehingga dibutuhkan sebuah modul untuk membantu memberikan inovasi dalam layanan bimbingan karr tersebut. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini yaitu untuk mmberikan inovasi baru yang dapat membantu guru BK dalam memberikan layanan bimbingan karir kepada siswa, inovasi tersebut dibuat dalam bentuk modul pengembangan multimedia interaktif. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian RnD (Research and Developmen t). Model pengembangan yang peneliti gunakan adalah metode ADDIE (Analysis, Desain, Development, implementation and evaluation). Subjek uji coba adalah siswa kelas XI IPS 3 sebanyak 36 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan dibagi 2 yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada hasil analisis didapati proses pemberian layanan bimbingan karir di SMA Negeri 1 Batusangkar masih bersifat konvensional dengan metode ceramah. Selain itu, kurangnya tenaga guru BK dalam mengampu siswa disekolah tersebut. Desain yang digunakan dalam pengembangan ini memiliki beberapa tahap yaitu pembuatan alur proses pada modul layanan bimbingan karir berbasis multimedia interaktif, pembuatan desain secara keseluruhan (story board), pengumpulan objek rancangan (teks materi, vidio, ikon, tombol, musik, background, dan aplikasi pendukung. Dari hasil pengembangan yang telah dilakukan didapati skor praktikalitas produk modul layanan bimbinngan yang diberikan kepada siswa pada aspek layanan bimbingan karir yaitu total skor nilai angket 136, rata-rata 4, simpangan baku 0, porsentase 100%. Aspek desain layanan terdapat total skor penilaian angket 134, rata-rata 3.9, simpangan baku 0, porsentase 98.5% dan pada aspek komunikasi visual terdapat total skor penilaian angket 135, rata-rata 3.9, simpangan baku 0, porsentase 99.2%.