Publikasi IAIN Batusangkar

Teachers Strategies in Designing Listening Materials Used in Teaching Listening (A Case Study of English Teacher in Senior High School Z Batusangkar)

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.author TAUFIK HIDAYAT
dc.date.accessioned 2017-06-08T00:25:54Z
dc.date.available 2017-06-08T00:25:54Z
dc.date.copyright
dc.date.issued 2016-05-13
dc.identifier.isbn 09104043
dc.identifier.isbn 09104043
dc.identifier.issn 09104043
dc.identifier.other 02.2160244
dc.identifier.uri
dc.description.abstract TEACHER’S STRATEGIES IN DESIGNING LISTENING MATERIALS USED IN TEACHING LISTENING (A Case Study of English Teacher in Senior High School Z Batusangkar) Permasalahan pada penelitian ini adalah belum terungkapnya cara guru merancang materi Listening oleh guru Bahasa Inggris yang mengajar pada sekolah menengah atas (SMA) di Tanah Datar tahun ajaran 2015/2016. Tujuan penelitan ini adalah mengetahui bagaimana seorang guru Bahasa Inggris merancang materi untuk Listening. Penelitian ini dilaksanakan di sebuah sekolah menengah atas negeri (SMAN) dengan informan dalam penelitian ini adalah guru SMAN yang merancang sendiri materi Listening yang akan digunakan untuk mengajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggambarkan guru bahasa inggris yang merancang sendiri materi Listening yang akan digunakan untuk mengajar. Informan menyusun materi Listening yang sesuai dengan standar kompetensi yang ada. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Dalam melakukan penelitian, peneliti menggunakan dua tekhnik, yakni wawancara dan pengumpulan dokumen. Peneliti melakukan wawancara terhadap guru bahasa Inggris yang merancang materi Listening sendiri. Data yang diperoleh peneliti kemudian dianalisa dengan menggunakan triangulasi sumber, yaitu membandingkan data yang didapat dari hasil wawancara guru dengan dokumen dan teori yang ada. Dari hasil penelitian, peneliti menemukan bahwa guru SMAN yang merancang materi Listening sendiri melakukan hal-hal sebagai berikut. Pertama, guru mengikuti SK/KD yang ada. Kedua, guru membuat materi Listening lalu diikuti dengan tugas dan pertanyaan untuk menarik perhatian siswa. Ketiga, guru merancang materi Listening dengan membuat variasi pada inputnya. Keempat, guru merancang materi Listening dengan menambahkan bantuan gambar.
dc.format Computer File
dc.language Inggris
dc.publisher IAIN Batusangkar
dc.subject Bahasa Inggris-Studi dan Pengajaran
dc.subject.ddc 420.7
dc.subject.ddc 420.7
dc.title Teachers Strategies in Designing Listening Materials Used in Teaching Listening (A Case Study of English Teacher in Senior High School Z Batusangkar)
dc.type Skripsi


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

  • Koleksi Skripsi
    Perpustakaan Prodi PENDIDIKAN (TADRIS) BAHASA INGGRIS Repository

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku