Abstract:
DWI WULANDARI, NIM 1730104017 Judul Skripsi: “FACTORS CAUSING STUDENTS’ PROBLEMS IN SPEAKING CLASS DURING ONLINE LEARNING” Jurusan Tadris Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Batusangkar.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya mahasiwa Tadris Bahasa Inggris semester 2 yang mengalami masalah selama pembelajaran English for Classroom Discussion and Participation secara daring. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor yang menyebabkan permasalahan mahasiswa selama pembelajaran daring.
Jenis penelitian ini adalah descriptive qualitative, pendekatan phenomenology. Untuk memilih informan penelitian, peneliti menggunakan angket terbuka yang didistribusikan kepada 45 orang mahasiswa Jurusan Tadris Bahasa Inggris TA. 2019/2020 yang mengambil matakuliah English for Classroom Discussion and Participation. Setelah angket dianalisa, peneliti mendapatkan 10 orang mahasiswa yang menghadapi masalah dalam pemebelajaran kelas Speaking selama daring menjadi informan penelitian ini. Setelah mereka diwawancarai, data dianalisana dengan menggunakan teori Miles and Huberman yaitu dengan cara: mereduksi data, menyajikan data, serta memverifikasi data dan menarik kesimpulan.
Berdasarkan analisa data, dapat disimpulkan bahwa terdapat 9 faktor penyebab masalah yang dihadapi oleh mahasiswa yaitu :1) Having lack of vocabulary, 2) Being bord because the lecturer used voicenote via WA all the time, 3) Being difficult to find time doing discussion with friends, 4) Having unsupportive environment to study, 5) Having lack of motivation, 6) Getting signal failure because of bad weather, 7) Having difficult to access internet among the students who live in country side, 8) Having financial problems, and 9) Having difficult to find audience.