Abstract:
ABSTRAK
YUSRA FADHILAH, NIM.14108132, judul Skripsi : Disiplin Siswa
dalam Belajar pada Adaptasi Kebiasaan Baru di SMP Negeri 2 pariangan
Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri ( IAIN ) Batusangkar.
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana
disiplin belajar siswa setelah masa pandemi dan belajar dengan adaptasi kebiasaan
baru atau blended learning.
Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitaif
deskripstif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dan VIII
sebanyak 51 orang teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian
ini adalah teknik total sampling sehingga peneliti menggunakan semua populasi
sebagai sampel yaitu 51 orang siswa.
Hasil penelitian tentang disiplin belajar Siswa dalam belajar dengan
adaptasi baru di SMP Negeri 2 Pariangan dari 51 orang reponden yang telah
mengisi angket di dapatkan data bahwa disiplin belajar siswa dalam belajar pada
adaptasi kebiasaan baru, disiplin belajar secara umum berada pada klasifikasi
cukup baik. Peraspek aspek disiplin belajar ada 3 aspek :
1. Aspek Disiplin dalam mengikuti proses pembelajaran berada pada klasifikasi
cukup baik.
2. Aspek disiplin belajar mandiri berada pada klasifikasi baik.
3. Aspek disiplin mematuhi peraturan sekolah dengan skor tertinggi klasifikasi
baik.