Abstract:
VIDIATUL NADIA, NIM. 1830105059, Judul Skripsi PENGARUH KONSEP DIRI DAN SELF CONFIDENCE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII.B MTs.STI TANJUNG BARULAK . Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar 2022. Penelitian ini didasari oleh rendahnya hasil belajar matematika, konsep diri dan self confidence peserta didik dalam pembelajaran matematika. Hal ini, ditemukan pada kelas VIII.B MTs.STI Tanjung Barulak. Berdasarkan teori dan masalah yang ditemukan terlihat bahwa konsep diri dan self confidence saling berhubungan. Karena hal tersebut, maka penelitian untuk mengetahui pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung konsep diri dan self confidence terhadap hasil belajar matematika, baik secara simultan maupun secara partial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi pengaruh konsep diri dan self confidence terhadap hasil belajar secara partial dan simultan, serta mengetahui besarnya pengaruh tidak langsung konsep diri dan self confidence terhadap hasil belajar matematik peserta didik kelas VIII.B MTs.STI Tanjung Barulak. Jenis penelitian ini adalah Ex-Post Facto dengan metode deskriptif asosiatif menggunakan analisis jalur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs.STI Tanjung Barulak 52 orang. Sampel pada penelitian ini diambil secara purposive sampling berjumlah 25 orang. Instrumen yang digunakan penelitian ini adalah angket konsep diri dan angket self confidence serta dokumentasi nilai murni ujian semester genap peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan untuk melihat pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah uji t dan uji F. Variabel bebas yang dimaksud adalah konsep diri self confidence, sedangkan variabel terikatnya adalah hail belajar matematika peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tidak terdapat pengaruh langsung signifikan konsep diri terhadap hasil belajar matematika sebesar 1,56%. (2) Tidak terdapat pengaruh tidak langsung konsep diri terhadap hasil belajar matematika melalui self confidence sebesar 1,187%. (3) Tidak terdapat pengaruh langsung yang signifikan self confidence terhadap hasil belajar matematika sebesar 11,42%. (4) Tidak terdapat pengaruh tidak langsung self confidence terhadap hasil belajar melalui konsep diri sebesar 1,187%. (5) Tidak terdapat pengaruh langsung yang signifikan konsep diri dan self confidence terhadap hasil belajar matematika sebesar 15,35%.