Abstract:
ABSTRAK Nurhamida NIM 1830402077, Judul skripsi “Persepsi Konsumen Terhadap Penetapan Harga Dengan Sistem Odd Price Pada Mata Air Swalayan dan Resto di Nagari Pulau Punjung Kecamatan Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya”. Jurusan Ekonomi Syariah, fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu dalam konsep ekonomi syariah, tujuan diadakannya aktifitas transaksi jual beli adalah memaksimalkan laba. Dalam penetapan harga suatu barang dan jasa maka harus disepakati dan berlaku secara umum, saat ini minimarket dan toko-toko modern termasuk pada Mata Air Swalayan dan Resto dalam menetapkan harga menggunakan sistem odd price yaitu menetapkan dengan harga nominal seperti Rp. 99.900, penetapan harga odd price mengandung unsur ketidakjelasan dan merugikan pembeli karena pada saat pembayaran produk suatu harga tertentu maka penjual membulatkan dengan mengambil keuntungan yang lebih melalui pembulatan harga yang dilakukan pihak penjual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitunya penelitian lapangan field research dengan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu turun langsung ke lapangan untuk menggali dan menggambarkan permasalahan yang diteliti. Peneliti langsung turun ke tempat penelitian dan melakukan wawancara dengan informan serta observasi langsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi konsumen terhadap penetapan harga dengan sistem odd price adalah 1. Pembeli diuntungkan belanja di mata air swalayan dan resto dari pada tempat lain, 2. Memperkecil jumlah yang dibayarkan, 3. Membeli tidak dengan harga normal. Motivasi penjual Mata Air Swalayan dan Resto dengan menggunakan sistem odd price dari aspek pemasaran yaitu 1. Dapat menarik minat konsumen, 2. Menimbulkan image harga murah, 3. Meyediakan promo-promo menarik dan cukup efektif diterapkan dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan merebut pangsa pasar, dan menjaga keberlangsungan hidup perusahaan.