Abstract:
Manajemen pembelajaran merupakan pengelolaan kegiatan pembelajaran oleh guru yang mencakup perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian kegiatan pembelajaran. Manajemen pembelajaran Bahasa Inggris harus sesuai dengan Kurikulum 2013 yaitu model pembelajaran inovatif berbasis Scientific Approach. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui perencanaan pembelajaran Bahasa Inggris dengan model pembelajaran inovatif berbasis scientific approach di MTsN 1 Tanah Datar, 2) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Bahasa dengan model pembelajaran inovatif berbasis scientific approach di MTsN 1 Tanah Datar, dan 3) Untuk mengetahui penilaian pembelajaran Bahasa Inggris dengan model pembelajaran inovatif berbasis scientific approach di MTsN 1 Tanah Datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian adalah di MTsN 1 Tanah Datar. Informan penelitian adalah guru-guru Bahasa Inggris di MTsN 1 Tanah Datar yang berjumlah 3 orang. Instrumen penelitian ini adalah panduan wawancara, lembar observasi dan bukti dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara mendalam, observasi berperan serta dan studi dokumentasi. Teknik analisis data adalah dengan cara triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran oleh guru Bahasa Inggris meliputi penataan aktivitas pembelajaran, penetapan tujuan pembelajaran, pemilihan alternatif pembelajaran sesuai dengan strategi pengajaran, menganalisis data penunjang dan pendukung pembelajaran dan mengomunikasikan rencana pembelajaran dengan pihak-pihak terkait. 2) Pelaksanaan pembelajaran oleh guru Bahasa Inggris meliputi penyediaan fasilitas, perlengkapan dan sarana prasarana sesuai dengan perencanaan pembelajaran, pengelompokkan komponen pembelajaran secara teratur, mengkoordinasikan pelaksanaan pembelajaran, penetapan metode dan prosedur pembelajaran dan pengadaan pelatihan bagi diri untuk menunjang pengembangan jabatan. 3) Penilaian pembelajaran oleh guru Bahasa Inggris meliputi evaluasi pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan perencanaan awal, perumusan tindakan koreksi atas penyimpangan yang terjadi pada pelaksanaan kegiatan, dan penilaian pada pekerjaan serta tindakan koreksi terhadap penyimpangan satuan pendidikan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa manajemen pembelajaran Bahasa Inggris dengan model pembelajaran inovatif berbasis scientific approach di MTsN 1 Tanah Datar dilakukan melalui tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan penilaian.