Abstract:
Kompetensi sosial guru merupakan salah satu standar kompetensi yang harus ditingkatkan pada zaman sekarang ini mengingat pesatnya perkembangan teknologi yang banyak mengikis kemampuan sosial masyarakat termasuk guru. Kepala madrasah sebagai seorang manajer madrasah mempunyai peran yang sangat penting dalam meningkatkan kompetensi sosial guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi sosial guru dan mengetahui strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi sosial guru di MTsN 6 Tanah Datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian adalah di MTsN 6 Tanah Datar. Informan penelitian adalah kepala madrasah dan guru-guru di MTsN 6 Tanah Datar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah dengan cara kondensasi data, tampilan data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kompetensi sosial guru di MTsN 6 Tanah Datar sudah baik dengan mampu mencerminkan tindakan yang objektif dan tidak diskriminatif, berinteraksi dengan sopan, santun serta empatik, beradaptasi dengan lingkungan tempat kerja serta siswa, dan aktif dalam kegiatan komunitas dan sesama profesi guru, baik melalui lisan dan tulisan. Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi sosial guru di MTsN 6 Tanah Datar yang menarik dan belum pernah dilakukan sebelumnya oleh madrasah atau sekolah lainnya yaitu: mengadakan program pengajian dengan mengundang ulama atau pemuka agama, mengadakan pembinaan sikap sosial guru dengan mengundang sosiolog, mengembangkan sikap mental dan kepribadian guru dengan mengundang psikolog, dan mengikutsertakan guru dalam rapat daerah, acara-acara adat atau pertemuan lainnya yang diundang oleh pihak luar